Jokowi Bertemu Sultan dan Tokoh Adat Kaltim, Muluskan Perpindahan IKN?

Image title
Oleh Maesaroh
1 Februari 2022, 09:38
Jokowi, ibu kota baru, IKN
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada Senin, 31 Januari 2022.

Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Senin (31/1).

Pada pertemuan tersebut Presiden Jokowi mendengarkan asipirasi dan harapan para tokoh masyarakat terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Di antara tokoh masyarakat dan adat yang hadir di antaranya Sultan Kutai Kartanegara, Muhammad Arifin, Sultan Paser, Muhammad Jarnawi, Kepala Adat Dayak Kenya, Ajang Tedung,  Syarifuddin HR selaku Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar, dan Wakil Ketua 2 Keluarga Kerukunan Sulawesi Selatan, Andi Singkeru.

Dalam pertemuan, tokoh adat dan masyarakat Kalimantan Timur meminta agar Jokowi melibatkan masyarakat adat dalam pembangunan IKN.

“Tokoh masyarakat adat Kalimantan Timur sangat antusias dan mendukung penuh pembangunan IKN. Tentu ada masukan-masukan yang sangat berharga," tutur Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Taufik Hanafi, dalam keterangan resmi, Senin (31/1).

Masukan berupa pentingnya memperhatikan kearifan lokal, penguatan sumber daya manusia, dan juga  aspek budaya yang harus diperhatikan dan ditingkatkan di dalam pengembangan IKN.

“Kami sendiri dari Kesultanan Paser menyambut dengan antusias IKN dan kami memohon segera dibangun ibu kota negara baru ini.  Kami juga meminta dari Kesultanan Paser dibuat Istana Kesultanan Paser di dekat IKN ibu kota negara,” ujar Sultan Paser Muhammad Jarnawi.

Kepala Adat Dayak Kenya, Ajang Tedung, meminta agar masyarakat adat dilibatkan dalam Badan Otorita maupun pembangunan fisik IKN tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...