Cek Kesiapan G20 di Bali, Luhut Ingatkan Mobil Listrik Jangan Mogok

Image title
Oleh Maesaroh
1 Februari 2022, 16:07
Lhuut, G20, KTT G20, G20 BALI sUMMIT, G20 Bali Summit,Katadatag20
Kemenko marvest
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan meninjau sejumlah titik di Pulau Bali yang akan dijadikan venue atau side event G20 pada  Hari Senin (31-1-2022).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan meninjau sejumlah titik di Pulau Bali sebagai persiapan acara KTT G20. Salah satunya adalah pengisian daya atau charging station mobil listrik di Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

BNDCC dan Apurva Kempinski direncanakan menjadi  lokasi charging station mobil listrik yang dapat menampung 20 mobil per stasiun.

Di hari sebelum KTT, mobil akan diisi penuh hingga 200 KW yang dapat menempuh jarak hingga 300-400 KM, sehingga untuk pemakaian pada hari betikutnya tidak perlu diisi dari nol.

"Mohon ada antisipasi terhadap stasiun pengisian baterai mobil demi mencegah mogok di jalan," tutur Luhut, dalam keterangan resmi, Selasa (1/2).

 Luhut berharap mobil listrik dan stasiun pengisian bisa diselesaikan sesuai timeline yaitu pada bulan September 2022.

Penggunaan mobil listrik menjadi salah satu upaya Indonesia dalam membuat pertemuan G20 pada tahun ini menjadi lebih ramah lingkungan.

Indonesia saat ini memegang Presidensi G20 dan akan menggelar ratusan acara sebagai rangkaian penyelenggaraan G20. Acara puncak yakni KTT G20 akan diselenggarakan di Bali, November mendatang.

Mobil listrik yang dipamerkan pada acara
Mobil listrik yang dipamerkan pada acara "Dukungan Ekosistem Kendaraan Listrik Menuju G20, Januari 2022 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/YU)




BNDCC rencananya akan menjadi alternatif venue untuk pertemuan puncak.
Dari BNDCC, Luhut bersama rombongan pada Senin (31/1) meninjau Apurva Kempinski  melalui jembatan Sawangan I,II, dan III. 

 Tiga jembatan ini merupakan upaya peremajaan akses perjalanan yang tengah digarap jelang acara G20 ini.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, dan politik tersebut menggarisbawahi empat poin utama, yaitu pembebasan lahan, penguatan jembatan, penggunaan aspal, dan beautifikasi.

"Dibutuhkan pelebaran sebesar dua meter di jalan lokasi menuju Apurva ke kiri dan ke kanan, yang harus membebaskan lahan milik masyarakat. Jembatan yang dilewati sudah keropos, dan harus mampu dilewati oleh kendaraan Presiden negara anggota yang berbobot 20 ton," tutur Luhut.

Apurva Kempinski juga nantinya akan dijadikan sebagai tempat menginap para delegasi.

 Luhut juga meninjau Garuda Wishnu Kencana yang dicanangkan menjadi Venue pertemuan utama bagi para delegasi dalam melaksanakan KTT.

Komplek Garuda Wishnu Kencana yang terdiri dari beberapa lapangan yang diapit oleh tebing-tebing,  direncanakan dapat digunakan sebagai tempat makan malam dan acara puncak.

Pada proses kedatangan para delegasi pemimpin dunia nantinya, waktu tunggu per pemimpin dari yang pertama hingga yang terakhir bertotal 1.5 jam. Untuk itu, Luhut meminta agar dapat diantisipasi tempat menunggu yang nyaman dan terkendali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...