Luhut Buka Opsi Pendatang dari Luar Negeri Bebas Karantina Mulai April

Rizky Alika
14 Februari 2022, 16:48
karantina, PPLN
ANTARA FOTO/Fauzan/nym.
Calon penumpang pesawat melintas di samping papan jadwal penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/2/2022). Kementerian Perhubungan membuka pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dengan tujuan wisata melalui empat bandara termasu I Gusti Ngurah Rai di Bali

Pemerintah akan mengurangi durasi karantina untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dalam waktu dekat. Bahkan, pemerintah juga berencana menghapus karantina untuk pelaku perjalanan internasional pada 1 April mendatang.

"Jika situasi terus membaik dan vaksinasi terus meningkat, tidak tertutup kemungkinan pada 1 April atau sebelum 1 April, PPLN tidak akan lagi menerapkan karantina terpusat," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers daring, Senin (14/2).

Namun, hal ini akan bergantung pada situasi Covid-19. Ia pun berharap seluruh pihak dapat berupaya dalam mengendalikan penyebaran kasus corona.

 Adapun, pengurangan durasi karantina akan dilakukan secara bertahap. Pada pekan depan, masa karantina untuk WNI dan WNA yang telah vaksinasi dosis penguat (booster) akan dikurangi menjadi tiga hari.

Namun, PPLN tetap harus menjalankan tes Covid-19 awal (entry test) dan tes Covid-19 akhir (exit test). Exit test dilakukan pada pagi di hari ketiga.

"Tes PCR bisa keluar dalam beberapa jam," katanya.

Sementara, PPLN yang belum vaksinasi booster harus menjalankan karantina selama lima hari. Exit test dilakukan pada hari kelima.

Selain itu, PPLN juga melaporkan kondisi kesehatan pada puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...