Sambut G20, Pemerintah Rogoh Rp 112 Miliar Permak Hutan Mangrove Bali

Image title
Oleh Maesaroh
16 Februari 2022, 16:50
G20, G20 bali, KTT G20, G20 Bali Summit, Katadata G20, Bali, Mangrove
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widodo meninjau Mangrove Conservation Forest di Pemogan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Kamis (02/12/2021). Kawasan tersebut bisa menjadi alternatif wisata alam di Bali.

Kawasan Mangrove Taman Hutan Raya (Tahura ) di Ngurah Rai, Bali, terus ditata menjelang penyelenggaraan KTT G20, November mendatang. Penataan kawasan membutuhkan anggaran sebesar Rp 112, 18 miliar. 

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Diana Kusumastuti mengatakan anggaran sebesar Rp 112, 18 miliar masuk dalam anggaran tambahan tahun ini.

Anggaran tersebut masuk dalam pos penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai dan supervisi penataan Kawasan Mangrove Tahura Bali.

"Anggaran (Rp112, 18 milair) sebagai bagian persiapan Presidensi G20 Indonesia dalam KTT G20," tutur Diana, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V,  Rabu (16/2).

 Sebelumnya, pemerintah mengatakan penataan Kawasan Hutan Mangrove sudah dimulai sejak Januari dan ditargetkan selesai September 2022 sehingga pada Oktober 2022 bisa digunakan sebagai showcase mangrove kepada para tamu G20.

Sebagai informasi, acara puncak KTT G20 akan digelar di Bali pada November mendatang. Untuk menghindari kerusakan, penataan Kawasan Mangrove Tahura akan mengoptimalkan penggunaan material bambu, kayu dan unsur alami lainnya serta mengurangi penggunaan bahan beton.

Lingkup pekerjaan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai antara lain pembangunan gerbang masuk, area drop off, wantilan, tracking mangrove, dan area persemaian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...