Pembangunan Hunian Korban Erupsi Gunung Semeru Ditarget Rampung April

Image title
Oleh Maesaroh
23 Februari 2022, 14:52
Semeru, Gunung Semeru, Kementerian PUPR
Kementerian PUPR
Hunian tetap (huntap) berupa rumah khusus (rusus) korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat  pembangunan hunian tetap (huntap) berupa rumah khusus (rusus) sebanyak 1.951 unit untuk korban erupsi Gunung Semeru. Pembangunan diharapkan selesai April mendatang.

Hunian yang berlokasi di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memulihkan kerusakan pascabencana Erupsi Gunung Semeru pada Desember 2021 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa rehabilitasi dan rekonstruksi pada wilayah terdampak bencana tidak hanya membangun kembali rumah yang rusak.

Rekonstruksi juga sebagai upaya untuk membangun kembali permukiman baru yang tangguh terhadap bencana. 

"Pendekatannya adalah build back better, tidak sekadar membangun dengan kerentanan yang sama terhadap bencana, tetapi membangun lebih baik dan lebih aman dari sebelumnya,” kata Basuki, dalam keterangan resmi, Rabu (22/2).

Hunian dibangun dengan teknologi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) yakni konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...