Peringatan Dini BMKG: Hujan dan Gelombang Tinggi di Berbagai Wilayah

Hujan disertai angin kencang berpotensi terjadi di berbagai wilayah di Jawa, Sumatra, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua.
Martha Ruth Thertina
2 Januari 2020, 08:21
BMKG, Prakiraan Cuaca Hari Ini, Prediksi Cuaca Hari Ini
Antara Foto/Rivan Awal Lingga
Laboratorium BMKGs, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan sederet peringatan dini cuaca hari ini. Hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di Jawa, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua. Gelombang tinggi berpeluang terjadi di beberapa perairan. 

Jawa

Di Jakarta, hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari. Hujan juga berpotensi mengguyur berbagai wilayah lain di Pulau Jawa.

Di Jawa Barat, hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Purwakarta, Subang, Majalengka, Kuningan, Sumedang, Cirebon, Indramayu, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Hujan diprediksi terjadi pada siang/sore hingga menjelang malam.

Di Jawa Timur, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari di wilayah Mojokerto, Pulau Bawean, Jombang, Nganjuk, Trenggalek, Blitar, Kediri, Malang, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Masih dari Jawa, gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Banten, dan Samudera Hindia, selatan Banten.

(Baca: Foto: Banjir dan Hujan Deras di Seantero Jakarta)

Bali dan Nusa Tenggara

Di Bali, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Bali. Ketinggian gelombang laut diprediksi mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, dan Samudera Hindia selatan Bali.

Di Nusa Tenggara Barat (NTB) , hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang hingga malam hari di sebagian wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Kota Bima, Bima dan Dompu. Ketinggian gelombang laut diprediksi mencapai 2 meter atau lebih di Selat Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas Bagian Selatan, Samudera Hindia selatan NTB, dan Selat Sape bagian selatan.

Sedangkan di Nusa Tenggara Timur (NTT), angin kencang dan gelombang tinggi berpotensi terjadi di wilayah Perairan NTT bagian selatan hingga barat. Hujan disertai petir berpotensi terjadi di Borong, Bajawa, Ruteng, Tanjung Bunga,Mbeiling, Riung, dan Komodo.

Sumatra dan Bangka Belitung

Di Lampung, hujan lebat disertai kilat/petir dan dapat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada sore dan malam hari di Balam, Lamsel, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Lambar, Pesibar, Lamtim, Metro, dan Lamteng.

Di Bengkulu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Di Bangka Belitung, hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari di wilayah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan dan sekitarnya.

(Baca: BMKG Ramal Jakarta Diguyur Hujan Lebat Sepekan Ini, Berikut Faktornya)

Kalimantan 

Di Kalimantan Barat, ada potensi hujan disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yaitu sebagian wilayah Melawi, Kubu Raya, Kapuas Hulu,Ketapang, Kayong Utara, Singkawang, Sanggau, Mempawah, Bengkayang dan Landak.

Di Kalimantan Selatan, hujan dengan intensitas sedag hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang/sore dan dini hari di wilayah Banjar, Tapin, Barito Kuala, Tanah Bambu, Ctanah Laut, Hulu Sungai Selatan, dan sekitarnya.

Di Kalimantan Tengah, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Timur, Seruyan, Katingan, Pulang Pisau, Kapuas, Barito Selatan, Barito Timur, Palangka Raya, Gunung Mas, Barito Utara, dan Murung Raya. Gelombang tinggi berkisar 1 hingga 2 meter berpeluang terjadi di Perairan Selatan Kalimantan Tengah.

Di Kalimantan Timur, hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi pada malam hari di wilayah Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Muara Ancalong, Batu Ampar, Muara Wahau.

Di Kalimantan Utara, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi pada malam hingga dini hari di wilayah Sungai Boh, Malinau Selatan Hilir, Malinau Kota, Malinau Selatan, Sekatak, Sei Menggaris, Nunukan, dan sekitarnya.

Sulawesi, Maluku, dan Papua 

Di Sulawesi Selatan, hujan lebat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah Masamba, Rantepao, dan Palopo.

Di Sulawesi Tengah, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang dan malam hari di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Di Sulawesi Tenggara, hujan sedang hingga lebat kadang disertai guntur dan angin kencang berpotensi terjadi pada pagi hari di wilayah wakatobi, Buton Selatan, Buton, Buton Utara, dan Baubau pada pagi hari. Sedangkan pada siang dan sore hari, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Konawe, Konawe Utara, Konawe selatan, dan Bombana.

Di Gorontalo, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang dan sore hari di wilayah Popayato, Tolinggula, Sumalata, Paguat, Marisa, dan Taluditi.

Di Maluku, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Maluku Tengah (Banda).

Di Papua, hujan dengan internsitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Airu dan Mamberamo Ulu.

Video Pilihan

Artikel Terkait