DPR Dekati Qatar untuk Tarik Investasi di Pertanian hingga Pariwisata

Muchamad Nafi
12 Mei 2022, 13:26
DPR Dekati Qatar untuk Tarik Investasi di Pertanian hingga Pariwisata
Antara

Dewan Perwakilan Rakyat Bidang Koordinasi Industri dan Pembangunan melawat ke Qatar. Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengajak negara di Timur Tengah itu untuk berinvestasi di sektor pertanian dan pangan hingga pariwisata di Indonesia.

Menurut Rachmat Gobel, investasi di sektor pangan merupakan langkan yang perlu diambil oleh banyak negara seiring perubahan iklim dan makin seringnya dunia dilanda pandemi maupun persaingan global.

“Sektor pertanian dan pangan pada umumnya akan menjadi hal strategis. Kami mengundang Qatar untuk investasi di Indonesia,” kata Rachmat Gobel saat berdialog dengan Wakil Ketua DPR Qatar Hamda binti Hassan Al Sulaiti.

Rombongan DPR menjungi Qatar sejak Rabu kemarin. Selain Rachmat, mereka di antaranya yaitu Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto, Ketua Komisi VI Faisol Riza, dan Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung. Ada pula tiga anggota Komisi XI: Heri Gunawan, Charles Meikyansyah, dan Fauzi Amro. Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan.

Menurut Rachmat, investasi pertanian dan pangan akan memberikan dampak luas bagi masyarakat karena menyerap tenaga kerja yang besar dan membantu mengurangi kemiskinan. “Pada sisi lain menyediakan pangan bagi dunia merupakan misi kemanusiaan yang sangat penting dalam membangun perdamaian dunia,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya hari ini.

Dia mempromosikan bahwa pemerintah Indonesia memiliki program membangun food estate atau lumbung pangan di sejumlah wilayah. Hal itu sejalan dengan konsep Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan ekonomi dari pinggiran atau desa.

Pembangunan pertanian dan pangan ini diharapkan terintegrasi dalam industri pangan dan bersifat modern. “Agar tercipta ekosistem pangan yang berkelanjutan,” kata mantan Menteri Perdagangan itu. Dia juga meminta Qatar untuk terus berinvestasi di bidang pariwisata yang banyak melibatkan tenaga kerja serta menggerakkan usaha mikro kecil dan menengah Indonesia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...