Kapal Api - Indomie Hiasi Paviliun Indonesia di Pesta Belanja Alibaba

Muchamad Nafi
3 November 2018, 08:00
Festival di Tiongkok
Katadata | Alibaba

Untuk pertama kalinya, sejumlah merek produk Indonesia akan terpampang pada 11.11 Global Shopping Festival. Ini merupakan pesta belanja online terbesar di dunia yang digelar setiap 11 November oleh Alibaba Group, perusahaan raksasa e-commerce dan digital asal Tiongkok.

Ada lima merek Tanah Air yang akan mejeng di platform Tmall Global tersebut. Kelimanya yaitu Kapal Api, biskuit Richeese, sarang burung walet Yan Ty Ty, kerupuk udang Papatonk, dan Indomie. Kemarin, Alibaba memang baru meluncurkan Paviliun Indonesia di mal online itu, tempat produk-produk Indonesia diperjualbelikan secara elektronik.

(Baca: Rayakan 10 Tahun, Pesta Diskon Alibaba Dimulai)

Dalam peluncuran Paviliun Indonesia di Oriental Pearl Tower, Shanghai, Cina, itu hadir Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok Djauhari Oratmangun dan General Manager of Public Affairs Tmall Ryan Wang. Beberapa tamu kehormatan juga datang seperti Konsulat Jendral RI di Shanghai Siti Nugraha Mauludiah dan Ketua Ikatan Kamar Dagang dan Industri untuk Tiongkok (Inacham) Liky Sutikno.

Sebenarnya, merek-merek tersebut sudah melakukan penjualan di Tiongkok melalui distributor. Namun dengan bergabung dalam pesta belanja online ini, mereka berkesempatan untuk meningkatkan pemahaman konsumen terhadap mereknya. Tidak hanya menjadi pusat layanan terpadu, Paviliun Indonesia merupakan pintu bagi konsumen Tiongkok mempelajari kekayaan budaya dan tujuan wisata Indonesia yang eksotis.

Ketika peluncuran paviliun, Presiden Joko Widodo hadir melalui pesan video. “Indonesia tidak hanya dikenal dengan kekayaan sumber daya dan keindahan alamnya, negara ini juga dikenal sebagai produsen produk-produk berkualitas,” kata Jokowi. “Sebagai Presiden Indonesia, saya persembahkan produk-produk berkualitas dari Indonesia.”

Dalam pidato pembukaan, Djauhari Oratmangun mengatakan Paviliun Indonesia merupakan langkah penting dalam menyediakan platform e-dagang terbaik bagi produk ekspor Indonesia menjangkau konsumen Tiongkok. Dia berharap inisiatif ini semakin menarik minat konsumen Tiongkok untuk menikmati cita rasa Indonesia melalui produk-produk tersebut. Sebaliknya, bisa menarik minat lebih banyak produk terbaik Indonesia untuk memanfaatkan peluang ini.

Sementara itu, Ryan Wang menyatakan Alibaba terus menunjukkan komitmennya untuk menyediakan platform bagi pelaku usaha Indonesia agar memberikan penawaran berkualitas tinggi kepada konsumen Tiongkok. “Kami berharap kesempatan ini mendorong lebih banyak pelaku usaha Indonesia mempelajari dan mengenal lebih jauh, bahkan berpartisipasi pada 11.11. Global Shopping Festival berikutnya,” ujar Ryan Wang dalam siaran persnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...