BlackBerry Gandeng Emtek untuk Konten Digital Ekslusif

Strategi ini ditempuh BlackBerry untuk menghadirkan aplikasi serta layanan BBM baru untuk Android, iOs, serta Windows Phone.
Maria Yuniar Ardhiati
28 Juni 2016, 12:59
blackberry
Agung Samosir|KATADATA

BlackBerry Limited mengumumkan kerja sama dengan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek) untuk penyediaan konten lintas plaftorm bagi para pengguna BlackBerry Messanger (BBM). Strategi ini ditempuh BlackBerry untuk menghadirkan aplikasi serta layanan BBM baru bagi Android, iOs, serta Windows Phone. 

Executive Chairman and CEO BlackBerry, John Chen mengatakan Emtek memiliki latar belakang yang mengesankan dengan keahlian di bidang hiburan, konten, serta teknologi. Oleh karena itu, perusahaannya memilih bermitra dengan Emtek untuk mencapai target finansial serta operasional tersebut.

"Kami ingin menghadirkan layanan konten media yang berisi, serta fitur baru seperti e-commerce, video, musik, dan games," kata Chen melalui keterangan resminya, Senin, 27 Juni 2016. (Baca: Keuntungan Facebook Melejit Hingga Rp 74 Triliun).

CEO Emtek, Alvin Sariaatmadja, menyebutkan kerja sama ini akan menghasilkan konten eksklusif dari Emtek yang bisa dinikmati para pengguna BBM. Beberapa di antaranya adalah konten hiburan, teknologi, serta produk dan layanan digital.

Advertisement

"Ada peluang untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis konsumen BBM secara global dan kami melakukan investasi untuk riset dan penggembangannya," kata Alvin. (Baca: Popularitas Path Merosot Tajam Dikalahkan Aplikasi Tahu Bulat).

Untuk memperkuat kerja sama, divisi konten digital Emtek, yaitu KMK Online, akan membuka kantor di Toronto, Kanada, agar berdekatan dengan BlackBerry. KMK Online yang memegang lebih dari 20 lini bisnis serta investasi Emtek dinilai mampu membawa kontribusi signifikan bagi BBM. 

Investasi Emtek antara lain mencakup siaran televisi, web, dan produksi konten. Artinya dalam beberapa bulan mendatang, pengguna BBM bisa mengakses sejumlah konten seperti siaran televisi gratis atau free-to-air (FTA), video online, tayangan dari rumah produksi, serta sederetan konten premium televisi berdurasi 100 ribu jam.

BlackBerry pun berencana memperluas ekosistem mobilitas terbukanya dengan membuat application program interface (API) untuk Emtek. Langkah ini dilakukan untuk akselerasi pertumbuhan para mitra serta penyedia layanan. Melalui fitur BBM yang terintegrasi dengan Emtek, para pengguna akan mendapat akses baru untuk:

Konten: musik, video streaming, games, saluran berita dan olahraga, blog selebriti, dan lain-lain.
Commerce: belanja, membeli hadiah serta kupon atau voucher
Online to offline commerce: membeli tiket bioskop, perjalanan, layanan kesehatan, maupun lowongan pekerjaan
Keuangan: proses pembayaran, transfer uang, isi ulang pulsa , dan pembayaran tagihan

Sebagai salah satu penyedia layanan pesan, BlackBerry mengklaim telah memiliki hampir 60 juta pengguna aktif di Indonesia. Perusahaan ini memandang Emtek sebagai perusahaan konten media nomor satu di Tanah Air dan layak menjadi mitra dalam meningkatkan inovasi serta kapabilitas platform BBM.

Memberikan lisensi software serta IP BlackBerry kepada Emtek merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mendongkrak pemasukan serta margin. Selain itu, BlackBerry pun mentargetkan efisiensi biaya dan operasional, karena Emtek yang akan melakukan investasi dalam sumber daya manusia, infrastruktur, pengembangan teknologi serta ekosistem. (Baca: Penyedia Data dan Konten Internet Asing Wajib Berbadan Usaha Tetap)

Emtek saat ini mengoperasikan tiga siaran televisi gratis, yaitu SCTV, Indosiar, dan O-Channel. Untuk televisi berbayar, perusahaan memiliki Nexmedia. Selain itu, ada sejumlah portal yang dikelolanya, seperti Liputan6.com dan Bola.com

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait