Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

YouTube merupakan salah satu platform berbagi video antar-penggunanya. Ada beberapa cara download video youtube.
Image title
3 Juni 2021, 13:05
Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi
KATADATA/Arief Kamaludin
Suasana jumpa pers YouTube Fanfest 2016 di Jakarta, Jumat, (21/10).

YouTube merupakan salah satu platform untuk berbagi video antar-penggunanya. Di platform ini, para pengguna bisa membuat channel YouTube kemudian mengunggahnya.

YouTube memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk menyampaikan pendapat dan menunjukkannya kepada setiap orang. Platform ini juga memberikan beberapa kebebasan dalam berekspresi, mendapatkan informasi, menggunakan peluang, dan memiliki tempat berkarya.

Situs online ini bertransformasi dengan menghadirkan banyak produk, di antaranya YouTube Go, YouTube Kids, YouTube Music, YouTube Original, YouTube Premium, YouTube Select, YouTube Studio, dan YouTube TV.

Walaupun sudah banyak produk yang dihadirkan, namun platform ini tetap terkenal sebagai penyedia konten dalam bentuk video. Di YouTube, sangat banyak variasi video, hal tersebut juga yang menarik banyak orang untuk download video YouTube.

Advertisement

Cara Download Video YouTube di Android

Youtube
Pilihan Download Video Youtube (Katadata)

 

Berbicara tentang download video YouTube, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Bagi Anda pengguna android pastilah sering menggunakan smartphone untuk menonton berbagai. Biasanya ketika menonton video YouTube di android, banyak orang menggunakan aplikasi YouTube dengan alasan lebih nyaman dan mudah.

Aplikasi YouTube di andorid menjadi aplikasi terpopuler dengan jumlah pengguna sekitar 5 miliar. Aplikasi ini ternyata tidak hanya bisa untuk menonton video saja, juga untuk download video. Cara download video di YouTube cukup mudah.

Pertama-tama, Anda harus membuka terlebih dahulu aplikasi YouTube yang terpasang di android. Kemudian cari video yang hendak Anda unduh. Di bawah video akan ada simbol tanda panah ke bawah, klik ikon tersebut untuk menyimpan video. Sesudah terunduh, Anda bisa menontonnya walaupun sedang offline.

Meskipun terlihat mudah, sayangnya tidak semua video yang ada di YouTube bisa diunduh dengan menggunakan cara seperti ini. Jika kreator video tidak mengizinkan videonya diunduh, ikon “download” tidak bisa digunakan.

Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi di Laptop

Selain memakai andorid, download video YouTube juga bisa menggunakan laptop. Langkahnya lebih mudah dan leluasa karena banyak situs unduh video yang lebih nyaman ketika diakses menggunakan laptop. Berikut ini beberapa situs yang bisa digunakan untuk mengunduh video dari YouTube.

1. Situs Download Savefrom.net

Savefrom.net menjadi situs yang paling sering untuk mengunduh video YouTube. Menggunakan situs ini cukup mudah yakni hanya perlu menempelkan link video yang hendak diunduh pada situs tersebut.

Anda juga bisa menambahkan huruf “SS” pada bagian depan link video. Misalnya http://www.SSYouTube.com/watch?katadata. Dengan menggunakan cara tersebut maka akan mempercepat proses mengunduh.

2. Situs Download y2mate.com

Situs selanjutnya yang juga bisa digunakan untuk download video YouTube di laptop adalah y2mate.com. Langkah-langkah untuk mengunduh video dengan situs ini cukup mudah.

  • Pertama, Anda harus terlebih dahulu membuka situs tersebut pada browser .
  • Buka situs YouTube dan cari video yang hendak Anda uduh.
  • Copy link video tersebut.
  • Kembali lagi ke situs y2mate.com, kemudian paste link video YouTube tersebut pada kolom yang sudah disediakan.
  • Klik opsi untuk mengunduh dan tunggu sampai proses download selesai.

3. Situs Download Dredown.com

Pilihan situ berikutnya yang dapat digunakan untuk mengunduh video dari YouTube yaitu Dredown.com. Cara download video YouTube menggunakan situs ini, sebagai berikut:

  • Siapkan terlebih dahulu link video yang hendak Anda unduh. Untuk mendapatkan link tersebut, Anda bisa membuka situs YouTube.com kemudian cari video yang hendak Anda unduh. Pada bagian alamat link, Anda bisa langsung blok atau tekan Ctrl + A kemudian copy link menggunakan tombol kombinasi Ctrl + C.
  • Selanjutnya, Anda bisa membuka situs Dredown.com tersebut kemudian paste atau tempel link tersebut.
  • Kemudian Anda bisa langsung klik opsi dredown untuk langsung mengunduh video tersebut.

4. Situs Download Tubeninja.net

Cara download video tanpa aplikasi berikutnya dengan menggunakan situs Tubeninja.net. Tidak berbeda jauh dengan situs lainnya. Yang menjadi pembeda,  Anda bisa memilih ukuran file yang akan diunduh. Cara untuk download video dari YouTube menggunakan Tubeninja.net sebagai berikut:

  • Masuk terlebih dahulu ke situs Tubeninja.net menggunakan browser yang Anda miliki.
  • Selanjutnya tempelkan link video yang akan kamu unduh. Jika Anda belum menyalin link tersebut, Anda bisa masuk terlebih dahulu ke situs YouTube kemudian cari video yang akan Anda unduh. Dan copy link video tersebut.
  • Setelah menempelkan link, Anda bisa klik download untuk langsung mengunduh video tersebut.
  • Tunggu terlebih dahulu sampai proses mengunduh selesai, kemudian nikmati video tersebut secara offline.

5. Situs Download 9Convert

Cara download video YouTube berikutnya yakni menggunakan situs 9Convert. Proses unduh video menggunakan situs ini mudah dan tak terbatas. Berikut cara untuk mengunduh video melalui situs 9Convert:

  • Buka terlebih dahulu situs YouTube kemudian cari video yang hendak Anda unduh.
  • Copy atau salin link video tersebut.
  • Selanjutnya, kamu bisa mulai membuka situs 9Convert kemudian paste atau tempel link video tersebut.
  • Klik “mulailah” untuk mulai mengunduh dan pilih format untuk video tersebut.
  • Pilih folder penyimpanan.
  • Tunggu proses unduh sampai selesai dan video hasil unduh dapat dilihat pada folder yang telah dipilih sebelumnya.

6. Situs Download Keepvid.site

Keepvid.site menjadi situs yang juga sering digunakan untuk download video YouTube. Cara untuk mengunduh video melalui situs download ini, sebagai berikut:

  • Buka laman YouTube kemudian cari video yang hendak Anda unduh dan copy link dari video tersebut.
  • Selanjutnya, Anda bisa mulai mengakses situs Keepvid.site dan tempelkan link video tersebut pada kolom yang sudah disediakan.
  • Setelah paste, Anda bisa langsung klik opsi “download” untuk langsung mengunduh video tersebut. Jika opsi “download” tidak bisa diunduh, Anda bisa langsung klik “download mp4”.

7. Situs Download Vidpaw.com

Vidpaw.com juga bisa dapat menjadi salah satu pilihan cara download video dari YouTube yang bisa Anda gunakan. Untuk mengunduh melalui situs ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Anda bila memulai dengan membuka situs Vidpaw.com kemudian klik pilihan untuk download video.
  • Pada tab lainnya, Anda bisa membuka situs YouTube.
  • Cari video yang hendak Anda unduh kemudian copy link dari video tersebut.
  • Paste link video tersebut pada kolom di situs Vidpaw.com.
  • Terakhir, Anda bisa langsung klik opsi “download” yang terdapat di sisi kanan kolom tersebut.

8. Situs Download Lilsubs.com

Lilsubs.com juga merupakan situs yang biasa digunakan untuk download video YouTube secara online. Berikut ini cara untuk mengunduh video menggunakan Lilsubs.com:

  • Buka laman YouTube dan cari video YouTube yang hendak Anda unduh.
  • Salin video yang akan unduh.
  • Selanjutnya, Anda bisa langsung membuka situs Lilsubs.com dan tempelkan link video tersebut pada kolom yang sudah tersedia.
  • Klik opsi untuk mengunduh, dan tunggu sampai proses mengunduh selesai.

Dengan menggunakan situs Lilsubs.com Anda juga bisa memilih kualitas video yang hendak Anda unduh. Pada situs tersebut, Anda juga bisa mengunduh subtitle untuk video tersebut.

9. Situs Download Clipconventer.CC

Situs berikutnya yang direkomendasikan untuk download video YouTube yaitu Clipconventer.CC. Clip conventer juga bisa digunakan untuk mengunduh video dari situs selain YouTube. Untuk mengunduh video menggunakan clipconventer.CC, sebagai berikut:

  • Pertama, Anda bisa membuka video yang hendak diunduh pada laman YouTube kemudian copy link video tersebut.
  • Selanjutnya, buka laman Clipconventer.CC dan paste link yang sudah di-copy  pada kolom yang tersedia.
  • Pilih format video sesuai yang Anda inginkan.
  • Klik opsi download dan tunggu dampai proses mengunduh selesai.

Secara umum cara download video di YouTube dengan menggunakan situs ini tidak berbeda jauh dengan situs lain. Yang menjadikannya berbeda adalah Anda dapat langsung melakukan konversi dan ekstrak audio dari video tersebut untuk format mp3, m4a, atau aac.

10. Situs Download Catchvideo

Situs ini memberikan tampilan yang sederhana sehingga proses pengunduhan menjadi mudah. Kekurangan dari situs ini yaitu resolusi maksimal yang bisa dipilih hanya sampai 720p. Untuk cara mengunduh video melalui situs ini, sebagai berikut:

  • Siapkan terlebih dahulu link video yang akan unduh, dengan cara buka laman YouTube, cari video yang akan diunduh, kemudian copy link tersebut.
  • Selanjutnya, buka laman catchvideo kemudian paste link tersebut pada kolom yang sudah tersedia.
  • Klik opsi “catch” untuk mulai mengunduh video tersebut.

Apabila Anda ingin download video YouTube dengan menggunakan situs ini, Anda harus menggunakan VPN karena situs tersebut hanya bisa diakses jika Anda menggunakan VPN. Hal tersebut yang menjadi kekurangan dari situs download video ini.

11. Situs Download YouTube Multi Downloader

YouTube Multi Downloader atau yang biasa disebut YMD merupakan situs online yang bisa digunakan untuk download video YouTube. Melalui situs ini, Anda bisa mengunduh video dengan berbagai format mulai dar 3GP, WEBM, MP4, bahkan audionya saja.

Cara download video menggunakan YMD, sebagai berikut:

  • Pilih terlebih dahulu video yang hendak Anda unduh kemudian copy link video tersebut.
  • Buka laman YMD dan paste link video tersebut pada kolom yang sudah tersedia.
  • Klik “download” untuk mengunduh video.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait