Kemeriahan Rangkaian Annual Meeting IMF-WB 2018 Show
Arief Kamaludin | KATADATA
Image title
Oleh Arief Kamaludin
12 Oktober 2018, 16:27

Sidang Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 yang Membahana

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengingatkan para pemimpin ekonomi dunia untuk bersatu menghadapi berbagai ancaman global. Tak hanya dari sisi ekonomi, juga masalah lingkungan yang mengancam kehidupan. Saat ini bukan waktu yang tepat bagi negara-negara untuk saling bersaing dan berebut kekuasaan. Sebaliknya, mereka harus kerja sama dan berkolaborasi.

Pesan tersebut dia sampaikan dalam sidang pleno pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018, hari ini (12/10), di Bali. Sidang pleno atau Annual Meetings Plenary merupakan yang terbesar dalam rangkaian hajatan tersebut.

(Baca juga: Pidato Lengkap Jokowi yang Menyedot Perhatian di Sidang IMF-Bank Dunia).

Selain pimpinan IMF, Bank Dunia, serta seluruh gubernur bank sentral dan menteri keuangan dari 189 negara, hadir pula peserta lain dari berbagai penjuru dunia. Beberapa presiden dan perdana menteri di ASEAN datang dalam pembukaan sidang pleno.

Sebelumnya, Bank Indonesia, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan menyelenggarakan “Forum Investasi Indonesia 2018” . Tema yang diagangkat mengenai paradigma baru dalam pembiayaan infrastruktur.

Ada pula kegiatan “Central Banking Forum 2018” yang digelar Bank Indonesia dan Federal Reserve Bank of New York (Fed NY). Acara ini merupakan dialog antara Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Presiden Fed NY, John Williams.