Pendapatan Pengelola RS Naik, Reksa Dana Ini Punya Sahamnya

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
31 Mei 2021, 18:24
Bareksa #4
Reksadana

Bareksa.com - Dalam dua pekan terakhir pasca Lebaran, kasus baru harian Covid-19 semakin banyak. Di satu sisi hal ini menambah kekhawatiran terhadap perekonomian, tetapi di sisi lain ada dampak positif bagi pendapatan emiten pengelola rumah sakit yang menghadapi kenaikan kebutuhan kamar rawat inap.

Selama periode 17-28 Mei 2021, kasus baru harian Covid-19 di Indonesia naik sekitar 36,5 persen menjadi rata-rata 5.862 kasus, dibandingkan pekan sebelumnya. Diproyeksikan, kebutuhan kamar rawat inap meningkat dan berdampak pada pendapatan emiten pengelola rumah sakit (RS).

Advertisement

Secara tahunan, beberapa emiten pengelola RS seperti PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME), PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), serta PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) mencatat kenaikan laba bersih yang signifikan pada Kuartal-I 2021, masing-masing sebesar 220 persen, 788 persen, dan 59 persen dibandingkan dengan kinerja pada periode yang sama tahun lalu.

Kinerja keuangan emiten RS ini turut menggerakkan harga saham mereka di pasar saham. Adapun sejak awal tahun (YTD), pergerakan saham SAME, SILO, dan MIKA masing-masing mencatat kinerja sebesar 80 persen, 54 persen, dan -6,2 persen.

Grafik Kinerja Saham SAME, SILO, MIKA YtD (30 Des 2020 – 28 Mei 2021)

Sumber: Bareksa

sumber bareksa
sumber bareksa (Sumber Bareksa)

Performa para emiten rumah sakit ini berkebalikan dengan mayoritas perusahaan publik tercatat di Bursa Efek Indonesia, yang justru tertekan akibat penurunan daya beli masyarakat. Maka, reksa dana dengan portofolio berisikan saham RS ini bisa menjadi pertimbangan bagi investor dengan profil risiko tinggi dan tujuan keuangan jangka panjang.

Sejumlah reksa dana saham yang memiliki saham pengelola RS dalam portofolionya per April 2021, termasuk:

  • BNP Paribas Pesona Syariah
  • Manulife Saham SMC Plus
  • Principal Total Return Equity Fund
  • TRIM Kapital
  • RHB Alpha Sector Rotation

Proyeksi Pasar

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement