Bank Mandiri Tuntaskan Gelaran Rumah BUMN Entrepreneur Week

Rumah BUMN Entrepreneur Week yang dilakukan Bank Mandiri diselenggarakan untuk mendorong promosi UMKM
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
13 Desember 2021, 22:32
Bank Mandiri #26
Katadata

Bank Mandiri berkeinginan terus mengembangkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui aktivitas promosi yang bisa membuka target pasar baru. Caranya, Bank Mandiri menggelar Rumah BUMN Entepreneur Week yang menampilkan produk-produk unggulan dari 400 lebih UMKM binaan di 22 Rumah BUMN (RB) kelolaan Bank Mandiri. 

Digelar pada 4 – 11 Desember 2021 secara bergiliran, Rumah BUMN Entrepreneur Week mengusung konsep bazaar di lokasi-lokasi terpilih seperti kawasan perkantoran dan event pameran pada pusat-pusat perbelanjaan di sekitar RB.

Adapun lokasi RB binaan Bank Mandiri tersebut menyebar antara lain di Kabupaten Kampar (Provinsi Riau) sampai Bintuni (Provinsi Papua Barat) serta kota-kota besar lainnya yaitu Jakarta, Bogor, Semarang dan Surabaya. 

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, manajemen Bank Mandiri bersyukur animo masyarakat terhadap rangkaian kegiatan bazzar Rumah BUMN Entrepreneur Week ini cukup baik.  Hal tersebut terlihat dari kunjungan masyarakat ke setiap bazaar yang diselenggarakan dari kurun waktu tersebut.

“Meski hanya sepekan, kami yakin kegiatan ini akan mampu memberikan dampak pasca-event bagi masing-masing UMKM,” katanya di Jakarta, Senin (13/12). 

Selain meningkatkan penjualan, kata Rudi, kegiatan Rumah BUMN Entrepreneur Week juga mengusung misi sosial. Sebagian keuntungan hasil penjualan disalurkan sebagai bantuan sosial kepada masyarakat sekitar Rumah BUMN 

Di samping itu, sebagai pembuka rangkaian bazzar, setiap Rumah BUMN juga memberikan pelatihan gratis bagi masyarakat pelaku usaha kecil di lingkungan sekitar, seperti cara membatik, cooking class, cara membuat strap masker dan lain-lain.

Harapannya, kegiatan ini dapat memotivasi pelaku usaha home industry untuk meningkatkan usahanya” katanya. 

Dia menambahkan, saat ini Rumah BUMN Bank Mandiri telah membina lebih dari 13.500 UMKM di seluruh Indonesia. Mereka telah diikutkan dalam berbagai kegiatan pelatihan dan pembinaan yang melibatkan Dinas Koperasi dan UKM setempat hingga marketplace seperti Tokopedia, Blibli dan Shopee.

Tidak hanya itu, Rumah BUMN binaan Bank Mandiri juga memberikan pelatihan kepada UMKM untuk memodernisasi bisnis dengan memanfaatkan sosial media sebagai wadah pemasaran.

Melalui Rumah BUMN, Bank Mandiri menegaskan perannya dalam pembinaan dan penguatan ekosistem UMKM yang terbukti dapat menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait