Sinar Mas Agribusiness and Food Bangun Sanitasi di Kalimantan Barat

Image title
Oleh Grace Gandhi - Tim Publikasi Katadata
24 Juni 2022, 16:16
Sinar Mas Agribusiness and Food Bangun Sanitasi di Kalimantan Barat
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S./YU
Ilustrasi air bersih

Sinar Mas Agribusiness and Food meluncurkan proyek WASH atau Water, Sanitation, Hygiene di Desa Sentabai, Kecamatan Silat Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Proyek ini untuk menjawab tantangan sanitasi dan akses air yang lebih baik di Desa Sentabai. Instalasi sistem sanitasi, air mengalir, dan penyaringan air minum yang aman konsumsi itu diharapkan selesai pada Juli 2022.

Proyek WASH di Desa Sentabai akan memberikan manfaat bagi lebih dari 80 keluarga dan empat sekolah. Proyek ini bekerja sama dengan Safe Water Garden (SWG), yang memiliki pengalaman luas dalam pengembangan kapasitas masyarakat untuk sistem mikro WASH (family-sharing system) di Indonesia, khususnya di Sumatera dan Jawa.

Akses terhadap air dan sanitasi yang layak di perdesaan Indonesia masih menjadi tantangan. Di Kalimantan Barat, menurut data Badan Pusat Statistik, kurang dari 70 persen penduduk memiliki sanitasi yang baik di wilayah tersebut.

Akses masyarakat mendapatkan air telah menjadi perhatian utama, karena banyak keluarga yang menempuh jarak yang jauh untuk mengakses air sehari-hari.

Selain itu, praktik buang air besar sembarangan yang sangat umum masih dilakukan di desa-desa, mencemari sumber air yang dikonsumsi masyarakat, sehingga meningkatkan risiko penyakit yang ditularkan melalui air dan berdampak negatif pada kesejahteraan masyarakat.

“Akses terhadap air mengalir, air minum yang aman, sanitasi, dan kebersihan yang baik di wilayah konsesi kami sangatlah penting untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Götz Martin, Direktur Sustainability and Strategic Projects, Sinar Mas Agribusiness and Food.

Menurut Martin, setelah berhasil menerapkan sistem sanitasi untuk masyarakat di Belitung pada proyek sebelumnya, perusahaan menyadari bahwa akses ke air mengalir and air minum yang aman telah menjadi perhatian di banyak daerah.

Sistem sanitasi memiliki empat komponen utama, yaitu tangki tertutup, bidang resapan (kebun), sistem pipa yang menghubungkan antar bagian, dan wastafel dapur terpisah.

Sistem ini tidak hanya terjangkau, tetapi juga mudah dibangun dan akan membantu mengatasi masalah sanitasi perdesaan. Penerapan sistem sanitasi yang baik juga akan meningkatkan hasil tanaman pangan, terutama untuk tanaman konsumsi sehari-hari.

Upaya ini juga berfungsi sebagai katalis untuk memperluas pertanian mikro dan mempromosikan kebiasaan makanan sehat, di mana masyarakat mendapat manfaat dari sayuran dan buah-buahan yang ditanam di rumah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...