Amar Bank Perkuat Posisi Sebagai Bank Digital

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
26 Maret 2021, 19:24
AmarBank
Katadata

JakartaAmar Bank berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Langkah konkrit yang akan dilakukan Amar Bank, yaitu menghadirkan berbagai inovasi digital dan teknologi untuk memajukan kehidupan masyarakat Indonesia.

“Teknologi memiliki peran penting untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian dalam sesi acara Katadata Indonesia Data and Economic Conference (IDE) 2021 bertajuk “The Digital Banking Revolution”, pada Rabu (24/2) lalu.

Vishal yang hadir sebagai salah satu pembicara menjelaskan tiga perbedaan antara bank digital dan bank konvensional. Pertama, perbedaan fungsi, yakni bank konvensional dapat melakukan transaksi perbankan pada umumnya seperti menabung, mentransfer dan meminjam uang. Sementara bank digital bukan hanya sekedar internet banking. Bank digital seperti Senyumku (Amar Bank) menyediakan keseluruhan rekening-rekening bank dalam satu tampilan, membantu nasabah untuk secara otomatis mengkategorikan pengeluaran untuk mengelola keuangan

Kedua, perbedaan pengalaman atau experience, yaitu sekarang lebih banyak nasabah yang sudah terbiasa dengan sesuatu yang instan atau cepat sehingga bank digital harus memberi kemudahan bagi para nasabah. Ketiga, perbedaan pendekatan, yaitu mindset di mana bank konvensional membuka cabang dan mengharapkan nasabah datang ke bank. “Sebaliknya Bank Digital mendatangi nasabah,” ujarnya.

Vishal pun berceritera pernah menginterview para milenial dan menanyakan hambatan mereka dalam menabung. Ternyata permasalahan umum para milenial antara lain adanya tekanan sosial yang mengakibatkan mereka memiliki gaya hidup yang sebenarnya tidak mampu dijangkau. “Ini yang coba kami bantu untuk mengatasi masalah mereka dengan meluncurkan produk digital banking Senyumku,” ungkap Vishal.

Produk Senyumku, kata dia melanjutkan, di dalamnya terdapat pos-pos keuangan untuk memudahkan nasabah mengelola keuangannya. Selan itu ada fasilitas kecerdasan buatan (AI) untuk memonitor kebiasaan pengeluaran yang akan mengirimkan sinyal pengingat apabila nasabah memiliki pengeluaran berlebih atau tertinggal dari target keuangan yang telah mereka tentukan. 

Sistem pengingat tersebut, menurut Vishal, membuat para milenial membentuk kebiasaan keuangan yang sehat. Inilah peranan data dan kecerdasan buatan (AI) dalam mewujudkan suatu bentuk literasi keuangan ke dalam sebuah kebiasaan sehari-hari. “Inilah yang membedakan Senyumku dari produk digital banking lainnya,” ujar dia.

Perjalanan transformasi digital Amar Bank dimulai pada 2014 dengan adanya Tunaiku, produk fintech digital lending pertama di Indonesia . Produk ini memanfaatkan teknologi big data analytics untuk melayani segmen masyarakat yang belum dan kurang terlayani oleh perbankan dan lembaga keuangan formal.

Seiring berkembangnya produk Tunaiku, pemegang saham Tunaiku kemudian mengakuisisi Amin Bank dan kemudian berganti nama menjadi Amar Bank. Amar Bank kemudian berfokus untuk bertransformasi menjadi bank digital yang mengedepankan teknologi untuk memajukan kehidupan masyarakat Indonesia.

Komitmen Amar Bank tersebut dibuktikan dengan penyaluran pinjaman Tunaiku yang saat ini telah mencapai lebih dari Rp5 triliun dan nasabah yang sudah terbantu sebanyak lebih dari 400 ribu nasabah, yang lebih dari 100 ribunya merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Pada Agustus tahun lalu, Amar Bank meluncurkan produk digital banking, yaitu Senyumku (mobile-only digital banking) untuk membantu masyarakat membangun kebiasaan menabung. Senyumku dilengkapi oleh kecerdasan buatan (AI) dan teknologi cloud (awan data).

Salah satu tantangan untuk bank pada umumnya dalam melakukan transformasi digital adalah adanya dua sisi yaitu sisi konvensional dan sisi digital dan juga kultur budaya di dalam perusahaan. Menurut Vishal, keunggulan Amar Bank sebagai bank digital adalah pengembangan bank digital menggunakan infrastruktur cloud (teknologi awan) yang bekerja sama dengan Google.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...