Ciputra Meninggal Dunia, Berikut Daftar Penerus Bisnisnya

Pingit Aria
27 November 2019, 10:53
Alm. Ir Ciputra bersama Istri Dian Sumeler
facebook.com/InsinyurCiputra
Alm. Ir Ciputra bersama Istri Dian Sumeler

Pengusaha properti  Ir Ciputra meninggal dunia pada usia 88 tahun di Singapura, Rabu dini hari (27/11). Ia merupakan pendiri Ciputra Group, salah satu pengembang Indonesia yang paling terdiversifikasi dari segi produk, lokasi dan segmen pasarnya. 

Grup usaha ini go public pada tahun 1994, dengan perusahaan induk PT Ciputra Development Tbk, serta dua anak perusahaan PT Ciputra Surya Tbk, dan PT Ciputra Property Tbk.

Di laman resmi perusahaan, Ciputra masih tercatat sebagai Presiden Komisaris PT Ciputra Development Tbk hingga akhir hayatnya. Namun, gurita bisnis keluarga itu telah dikendalikan oleh generasi penerusnya.

Ciputra bersama sang istri Dian Sumeler memiliki empat anak, yakni Rina Ciputra Sastrawinata, Junita Ciputra, Cakra Ciputra dan Candra Ciputra.  Para perempuan di keluarga ini, Dian Sumeler, Rina dan Junita Ciputra menjabat sebagai komisaris PT Ciputra Development Tbk. Sedangkan Cakra dan Candra Ciputra menjadi direkturnya.

(Baca: Ciputra, Konglomerat yang Mulai Karier dari BUMD DKI)

Berikut profil para penerus bisnis Ciputra:

Candra Ciputra

Candra menjabat sebagai Direktur Utama PT Ciputra Development Tbk sejak 2002. Ia juga memegang jabatan di anak-anak perusahaan, di antaranya adalah sebagai Komisaris Utama PT Metrodata Electronics Tbk, Direktur Utama PT Ciputra Property Tbk, dan Direktur PT Ciputra Surya Tbk.

Pada tahun 1988, Candra bergabung dengan Perseroan sebagai Manajer Pengembangan Usaha dan diangkat sebagai Direktur pada tahun 1990. Peraih gelar sarjana Keuangan dari University of San Francisco, Amerika Serikat dan gelar MBA bidang keuangan dari Golden Gate University, San Francisco, Amerika Serikat ini memiliki pengalaman di bidang properti lebih dari 20 tahun.

Selain itu, istri Candra, Sandra Hendharto juga bergabung di bisnis keluarga. Sandra ada di jajaran komisaris  PT Ciputra Development Tbk bersama para iparnya.

Cakra Ciputra

Putra ketiga Ciputra ini mendapatkan gelar Sarjana Teknik Sipil dari San Fransisco University, AS tahun 1991. Ia diangkat sebagai Direktur PT Ciputra Development Tbk sejak 1991. Ia juga menjabat sebagai Direktur PT Ciputra Surya Tbk sejak 1990.

(Baca: IHSG Awal Pekan Diramal Bervariasi, Saham Emiten Retail Direkomendasi)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...