Pecahkan Rekor MURI, 118 Ribu Orang Ikut Mudik Gratis BUMN

Jumlah peserta mudik gratis tahun ini naik 26,67 persen dibandingkan tahun lalu.
Ameidyo Daud Nasution
19 Juni 2017, 13:19
Mudik BUMN
ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun ini mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran memberangkatkan 118.220 pemudik. Jumlah peserta mudik gratis ini naik 26,67 persen dibandingkan tahun lalu yakni 93.334 orang.

Pelepasan pemudik dilakukan secara seremonial oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dalam acara tersebut 35.741 pemudik diberangkatkan dengan 459 bus ke 84 kota di Tanah air.

(Baca juga: Tiga Jalur Mudik Disiapkan untuk Cegah Horor Brexit)

Sementara, peserta mudik yang lain akan diberangkatkan secara bertahap melalui beberapa titik keberangkatan. "Kami juga menyediakan banyak moda dari bus, kereta, hingga kapal," kata Rini dalam keterangan Kementereian BUMN, Senin (19/6).

Total perusahaan plat merah yang berkontribusi dalam Mudik Bareng Guyub Rukun ini mencapai 28 perusahaan. "Ini saat yang tepat untuk hadir bagi masyarakat, oleh sebab itu kami fasilitasi dengan mudik ini," ujarnya.

Sebanyak 28 BUMN berpartisipasi dalam program ini. Di antara BUMn tersebut adalah PT Telkom (Tbk), PT Pelindo II (Persero), PT Wijaya Karya (Tbk), PT Bank Mandiri (Tbk), PT Timah (Tbk), PT Aneka Tambang, hingga PT Pegadaian (Persero).

(Baca juga: Apindo Kritik Keras Tambahan Cuti Bersama Lebaran)

Rini mengatakan acara mudik ini digelar juga untuk memimalisir kemacetan di jalur mudik. "Karena masyarakat tidak perlu menggunakan sepeda motor untuk mudik," katanya.

Sedangkan sebagai bekal perjalanan, pemudik dibekali fasilitas obat-obatan, makanan, pakaian, hingga asuransi. Dia juga memastikan bahwa kendaraan yang digunakan pemudik telah memenuhi standar perjalanan serta keselamatan.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait