Pahala Mansury, Bankir di Beragam BUMN Kakap yang Jadi Wamen BUMN

Pingit Aria
23 Desember 2020, 11:09
Pahala N. Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia yang baru.
Katadata | Arief Kamaludin
Pahala N. Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia yang baru.

Presiden Joko Widodo akhirnya melantik formasi terbaru Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). Ada enam Menteri baru dan lima Wakil Menteri yang dilantik hari ini.

Di antaranya ada Pahala Nugraha Mansury yang diambil sumpahnya sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pahala akan mengisi kursi peninggalan Budi Gunadi Sadikin yang kini menjabat Menteri Kesehatan.

Sebelum dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN, Pahala merupakan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN). Baru 10 bulan ia menjadi Dirut bank spesialis kredit perumahan tersebut.

Pria kelahiran 8 April 1971 itu juga pernah menduduki posisi strategis di sejumlah BUMN. Pada periode September 2018 hingga November 2019, dia menduduki posisi Direktur Keuangan di PT Pertamina (Persero).

Pada April 2017 hingga September 2018, Pahala menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Adapun, Pahala lama berkarir di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Jabatan terakhirnya di bank dengan kode emiten BMRI ini adalah sebagai Direktur Treasury & Market selama dua tahun, yaitu Maret 2015 hingga April 2017.

Sebelumnya, pria lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini lama menjabat sebagai Direktur Finance & Strategy di Bank Mandiri dari Mei 2010 hingga Maret 2015.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...