Pahala Mansury, Bankir di Beragam BUMN Kakap yang Jadi Wamen BUMN

Pingit Aria
23 Desember 2020, 11:09
Pahala N. Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia yang baru.
Katadata | Arief Kamaludin
Pahala N. Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia yang baru.

Presiden Joko Widodo akhirnya melantik formasi terbaru Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). Ada enam Menteri baru dan lima Wakil Menteri yang dilantik hari ini.

Di antaranya ada Pahala Nugraha Mansury yang diambil sumpahnya sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pahala akan mengisi kursi peninggalan Budi Gunadi Sadikin yang kini menjabat Menteri Kesehatan.

Sebelum dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN, Pahala merupakan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN). Baru 10 bulan ia menjadi Dirut bank spesialis kredit perumahan tersebut.

Pria kelahiran 8 April 1971 itu juga pernah menduduki posisi strategis di sejumlah BUMN. Pada periode September 2018 hingga November 2019, dia menduduki posisi Direktur Keuangan di PT Pertamina (Persero).

Pada April 2017 hingga September 2018, Pahala menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Adapun, Pahala lama berkarir di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Jabatan terakhirnya di bank dengan kode emiten BMRI ini adalah sebagai Direktur Treasury & Market selama dua tahun, yaitu Maret 2015 hingga April 2017.

Sebelumnya, pria lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini lama menjabat sebagai Direktur Finance & Strategy di Bank Mandiri dari Mei 2010 hingga Maret 2015.

Adapun, setelah lulus dari UI, Pahala melanjutkan pendidikan Master of Business Administration in Finance di Leonard N Stren. Schoolf of Business New York University pada 1994 hingga 1999.

Pahala Manshury
Pahala Manshury (ANTARA FOTO/Fajrin Raharjo)

 

Belasan Pejabat Dilantik

Pelantikan para Menteri dan Wakil Menteri baru hari ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta. Enam nama Menteri yang dilantik adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Perdagangan M. Lutfi.

Adapun Wakil Menteri yang dilantik selain Pahala Manshury, ada Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra, Wakil Menteri Pertanian Harfiq Hasnul Qolbi , dan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Omar Syarif Hiariez.

Pelantikan menteri dan wamen dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor 133/P Tahun 2020 serta  Keppres Nomor 76/M Tahun 2020 Kedua Keppres tersebut mulai berlaku Rabu, 23 Desember 2020.

Acara diawali dengan pembacaan nama-nama menteri dan wakil menteri. Setelah itu mereka mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Presiden.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi diikuti dengan pengucapan sumpah oleh para menteri dan wakil menteri, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12).

Usai pelantikan menteri dan wakil menteri, Jokowi juga mengambil sumpah Irjen Pol Petrus Reinhard Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional dan Hartono Prawiraatmadja sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait