Buruh Janji Patuhi Protokol Kesehatan Saat Unjuk Rasa May Day

Cahya Puteri Abdi Rabbi
27 April 2021, 15:16
Sejumlah massa yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi unduk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Para burun menuntut upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) 2021 tétap diberlakukan, s
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Sejumlah massa yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi unduk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Para burun menuntut upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) 2021 tétap diberlakukan, serta menolak pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran dengan cara dicicil.

Sejumlah buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan sejumlah serikat pekerja lain akan menggelar unjuk rasa pada Sabtu (1/5). Unjuk rasa ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day).

Presiden KSPI Said Iqbal mengklaim, demonstrasi kali ini akan diikuti oleh 50 ribu dari tiga ribu pabrik. Unjuk rasa akan dilakukan di 200 kabupaten/kota dan 24 provinsi di seluruh Indonesia.

Said mengatakan, untuk tingkat nasional, aksi unjuk rasa akan berpusat di Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Kemudian, di tingkat daerah, para buruh akan melakukan demonstrasi di kantor bupati/walikota. Sementara di tingkat provinsi, buruh akan mendatangi kantor Gubernur dan puluhan ribu lainnya melakukan unjuk rasa di dalam pabrik.

“Untuk tingkat nasional, saat ini sedang dilakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan Satgas Covid-19. Apakah buruh yang melakukan aksi ini akan ada perwakilan yang datang ke depan Istana dan MK. Katakanlah 100 orang atau mungkin 200 orang,” kata Said dalam konferensi pers virtual, Selasa (27/4).

Aksi Buruh Tuntut THR 2021
Aksi Buruh Tuntut THR 2021 (Adi Maulana Ibrahim |Katadata)

Said menyampaikan bahwa pihaknya bersama dengan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea sedang berkoordinasi agar perwakilan buruh dapat diterima oleh pihak Istana. Ia berharap bisa diterima oleh setidaknya Menteri Sekretaris Negara atau Menteri Sekretaris Kabinet.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...