Bakal Ada Unjuk Rasa, Personel TNI-Polri Amankan Gedung KPK

Rizky Alika
28 Mei 2021, 14:34
Pegawai KPK berjalan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK pada jam pulang kerja di Jakarta, Kamis (27/5/2021). Dalam hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) KPK sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi ASN, 75 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat dimana
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Pegawai KPK berjalan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK pada jam pulang kerja di Jakarta, Kamis (27/5/2021). Dalam hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) KPK sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi ASN, 75 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat dimana 51 yang memiliki nilai merah diberhentikan dan 24 lainnya dibina kembali wawasan kebangsaan dan bela negaranya.

Sejumlah apparat gabungan TNI-Polri mengamankan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (28/5). Sebab, menurut Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan, akan ada unjuk rasa di lokasi tersebut.

"Kabar dari pihak kepolisian benar akan ada unjuk rasa di depan Gedung KPK," kata Ali kepada wartawan, Jumat (28/5).

Ia mengatakan, pasukan TNI ikut turun tangan lantaran pihak Polres Jakarta Selatan memerlukan tambahan personel. Namun, ia memastikan penjagaan tersebut dilakukan dengan upaya persuasive untuk mencegah potensi gangguan keamanan.

Berdasarkan informasi yang beredar, siang ini akan digelar agenda Ruwatan Rakyat untuk KPK. Acara ini berlangsung dari 14.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Sementara itu, Pengamat Hukum dari Universitas Al Azhar, Suparji Ahmad mengatakan antisipasi oleh aparat TNI-Polri perlu dilakukan. Hal itu untuk mencegah kerusuhan.

Terlebih, situasi di internal KPK saat ini sedang memanas terkait dengan 75 pegawai yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan. Meski begitu, penjagaan harus dilakukan secara proporsional.

"Demonstrasi juga harus dilakukan dalam koridor hukum yang berlaku. Respons juga harus dilakukan dengan bingkai hukum," kata Suparji.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...