Grab Rintis Marketplace Asuransi Digital di Asia Tenggara

Proyek ini merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan asuransi Tiongkok, ZhongAn.
Desy Setyowati
16 Januari 2019, 14:21
Grab
KATADATA | Ajeng Dinar Ulfiana
Driver Grab memarkirkan motornya di parkiran khusus Grab , Mall FX, Jakarta Selatan (22/11).

ZhongAn Technologies International Group Limited dan Grab Holdings Inc bekerja sama dengan membentuk joint venture marketplace asuransi digital di Asia Tenggara. Dengan begitu, konsumen bisa lebih mudah mendapat produk asuransi dari aplikasi Grab.

ZhongAn Technologies International Group Limited merupakan anak usaha dari perusahaan asuransi berbasis digital pertama di Tiongkok, ZhongAn Online P&C Insurance Co., Ltd. "Peluncuran platform asuransi ini bagian dari komitmen kami untuk menjadi everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara," ujar President of Grab Ming Maa dalam siaran pers, Rabu (16/1).

Platform asuransi digital ini akan diluncurkan di Singapura pada paruh pertama 2019. Baru kemudian, platform diluncurkan di negara lain di Asia Tenggara. Ia berharap, kehadiran platform ini bisa membuka akses produk asuransi bagi masyarakat yang termasuk dalam kategori uninsured dan underinsured.

Sebab, produk-produk asuransi bisa didapat dari aplikasi Grab, tanpa perlu agen. Kerja sama ini pun menjembatani permasalahan yang kerap ditemui masyarakat dalam mencari produk asuransi yang tepat, premi yang kurang terjangkau, serta pilihan pembayaran  yang dipotong secara otomatis melalui GrabPay atau mitra pembayaran lainnya.

Advertisement

(Baca: Grab Dukung Rencana Kemenhub Atur Ojek Online)

"Dengan lebih dari 130 juta unduhan aplikasi Grab di Asia Tenggara dan kehadiran kami di 336 kota, pengetahuan mendalam kami mengenai perilaku dan kebutuhan pelanggan memungkinkan kami untuk menyediakan produk asuransi inovatif yang memberikan nilai lebih bagi pelanggan kami," kata Maa.

Sebagai langkah awal, Grab bersama perusahaan asuransi Chubb akan menawarkan produk asuransi bagi mitra pengemudi di Singapura. Hal ini bertujuan untuk melindungi mitra pengemudi dari risiko kehilangan pendapatan karena penyakit atau kecelakaan.

Head of Grab Financial Ruben Lai berharap, kolaborasi ini dapat menyediakan perlindungan asuransi yang relevan dan terjangkau dari berbagai ketidakpastian hidup kepada pelanggan, mitra pengemudi dan mitra. "Kami akan meningkatkan jangkauan regional dan bekerja sama dengan mitra asuransi global untuk tumbuh pesat di berbagai negara tempat kami beroperasi," ujarnya.

Sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama ini, ZhongAn Technologies International Group Limited akan membawa aset-aset teknisnya untuk menciptakan platform dan wawasan terkait ekosistem internet ke dalam joint venture tersebut. "Kami sangat senang dapat mengumumkan kerja sama yang bersifat komprehensif ini bersama Grab," Vice General Manager ZhongAn Wayne Xu.

(Baca: Regulator Filipina Tolak Kedatangan Gojek)

Selama lima tahun terakhir, kata dia, ZhongAn Insurance telah berpengalaman untuk menyediakan perlindungan kepada pelanggan generasi baru. Apalagi, ZhongAn Insurance telah bekerja sama dengan lebih dari 300 mitra dalam ekosistem digital.

COO ZA International Bill Song menambahkan, perusahaannya fokus menciptakan kapasitas teknologi dan membina kerja sama untuk mendukung pengembangan bisnis di luar negeri. "Ke depan, kami berharap pasar Asia dapat menjadi jembatan dalam mengembangkan bisnis kami secara global dengan misi mendefinisikan kembali asuransi di dunia yang terhubung," ujarnya.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait