Tak Terusik Isu Blackpink, Shopee Cetak 12 Juta Transaksi di Harbolnas

Polemik iklan Blackpink rupanya tak mempengaruhi transaksi Shopee saat pesta diskon 12.12. Ada 5,4 juta transaksi dari Indonesia.
Pingit Aria
13 Desember 2018, 16:27
Harbolnas
Panitia Harbolnas
Dari kiri ke kanan: Radityo Triatmojo (Head of Government Relations Shopee Indonesia), Indra Yonathan (Country Head of ShopBack Indonesia/Ketua Harbolnas 2018), Heri Susanto (Co Founder KataData), Tjahya WIdayanti (Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan), Igusti Ketut Astawa (Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan), Ignatius Untung (Ketua idEA) saat Media Briefing Harbolnas 2018 di Jakarta, Selasa (13/11).

Tepat sehari sebelum dimulainya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta 11 stasiun televisi menghentikan iklan Shopee. Iklan yang menampilkan girlband Blackpink itu dinilai melanggar norma kesopanan.

Tak hanya dari KPI, manajemen Shopee pun menerima keluhan dari sebagian masyarakat terkait konten iklannya. “Ini merupakan masukan yang amat berguna agar kami lebih baik ke depannya. Namun, untuk diketahui, bahwa iklan tersebut telah mendapatkan izin dari Lembaga Sensor Film Indonesia," kata Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar.

Toh polemik tersebut tak mengganggu capaian transaksi Shopee. Dalam pesta belanja 12.12 Birthday Sale, Shopee mencatatkan lebih dari 12 juta transaksi di 7 negara, melampaui semua rekor yang pernah ada termasuk Shopee 11.11 Big Sale lalu.

Didukung lebih dari 450 ribu brand & penjual, Shopee dikunjungi lebih dari 48 juta pengguna yang menikmati 60 juta promo terbaik dari seluruh kategori. Selain itu, in-app game Shopee juga cukup diminati, Goyang Shopee telah dimainkan 46 juta kali sedangkan Kuis Shopee telah diikuti 11 juta partisipan di 7 negara.

(Baca juga:  Transaksi Shopee Mencapai Rp 39,4 Triliun Sepanjang Kuartal III 2018)

Bersamaan dengan perayaan Harbolnas, dari pencapaian Shopee tersebut 5,4 juta transaksi berasal dari Indonesia. Handphone & aksesoris, kecantikan, dan pakaian wanita merupakan tiga kategori terpopuler. Brand terkemuka seperti Xiaomi, MamyPoko, dan Maybelline menjadi merek favorit pengguna Shopee.

Chris Feng, CEO Shopee, mengatakan, Shopee 12.12 Birthday Sale menjadi penutup tahun 2018 yang luar biasa. “Menyusul kesuksesan Shopee 11.11 Big Sale di November dan Shopee 9.9 Super Shopping Day di September, ini merupakan kuartal yang sangat memuaskan dimana kami berhasil melampaui rekor tahun lalu dan menetapkan tolak ukur baru di tahun depan,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (13/12).

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait