Aplikasi Facebook, Instagram dan WhatsApp Down Hingga 13 Jam

Gangguan dalam sistem Facebook, Instagram dan WhatsApp dirasakan oleh sebagian besar pengguna di Amerika Utara, Eropa, dan Asia.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
21 November 2018, 09:33
Facebook
Katadata

Sebagian pengguna Facebook, Instagram, dan Whatsapp sempat kesulitan mengakses ketiga aplikasi itu, pada Selasa (20/11). ABC News melaporkan, di beberapa bagian Amerika Utara, ketiga aplikasi yang merupakan bagian dari Grup Facebook itu down hingga 13 jam. Meski, di Indonesia gangguan hanya terjadi sekitar 30 menit pada tengah malam.

Tanda pagar (Tagar) #FacebookDown pun sempat menjadi trending topic di Twitter. "Kami berupaya menyelesaikan masalah ini secepat mungkin," tulis Facebook dalam akun Twitter-nya @facebook, Selasa (20/11) malam.

Facebook menjelaskan, sempat terjadi bug atau kesalahan pada server mereka yang mengakibatkan pengguna kesulitan mengakses ketiga aplikasi tersebut. "Hari ini dan sebelumnya, bug di server kami menyebabkan beberapa orang kesulitan mengakses aplikasi. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," kata Facebook.

Kesulitan akses terhadap aplikasi media sosial Facebook dan Instagram pun membuat pengiklan gerah. Sebab, beberapa perusahaan yang menggunakan ketiga aplikasi ini untuk operasional bisnisnya, tengah gencar berpromosi dalam rangka Black Friday.

(Baca juga: Gaet Remaja, Facebook Bakal Rilis Aplikasi Pesaing Tik Tok)

Black Friday merupakan perayaan non formal sehari setelah perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat (AS). Hari ini juga menjadi pertanda dimulainya euforia Natal. "Hal ini membuat perusahaan yang bermitra dengan Facebook prihatin atas terhentinya layanan mereka," demikian dikutip dari ABC News, Rabu (21/11).

Sementara itu, situs Downdetector menyebut sebagian besar pengguna di Amerika Utara, Eropa, dan Asia sulit mengakses  Facebook, Instagram dan WhatsApp. Adapun downdetector adalah situs pemantau independen terkait aplikasi media sosial. Facebook saat ini memiliki lebih dari 2,2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait