Sociolla Kantongi Pendanaan Rp 168 Miliar dari EV Growth

EV Growth merupakan venture capital bentukan East Ventures, Sinar Mas Digital Ventures, dan Yahoo Japan Capital.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
17 Mei 2018, 11:03
Sociolla
Katadata
Sociolla

Perusahaan e-commerce kecantikan, Sociolla mendapat tambahan modal senilai US$ 12 juta atau setara Rp 168 miliar. Tambahan modal tersebut bakal digunakan untuk memperkuat teknologi dan mengembangkan platform baru.

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh EV Growth, didukung juga oleh perusahaan fesyen asal Jepang, istyle Inc dan satu institusi besar asal Singapura. Adapun EV Growth merupakan venture capital bentukan East Ventures, Sinar Mas Digital Ventures, dan Yahoo Japan Capital.

CEO Yahoo Japan Capital Shinichiro Hori mengatakan, sebagian pendanaan ini akan digunakan untuk memperkuat tim teknologi Sociolla guna mengembangkan platform terbarunya, SOCO atau Sociolla Connect yang diluncurkan awal 2018. "Dari sudut pandang peluang pasar, kami percaya sektor kecantikan sangat menjanjikan," ujar dia dalam siaran pers, Kamis (17/5).

(Baca juga: Carousell Dapat Suntikan Modal Rp 1,2 Triliun dari Rakuten)

Terlebih lagi, Sociolla didukung oleh istyle. Menurutnya, istyle terbukti andal di bidang teknologi kecantikan di Jepang. Ia juga optimistis, SOCO akan mampu memenuhi kebutuhan perempuan dengan pengalaman yang lebih optimal, relevan, dan dipersonalisasi. Sebab, platform anyar ini mengintegrasikan konsep belanja Sociolla dengan media online dan jurnal kecantikan.

Co-Founder Sociolla Chrisanti Indiana menambahkan, SOCO akan melengkapi misi perusahaannya untuk membentuk masa depan industri kecantikan melalui teknologi. "Kami percaya kehadiran SOCO akan melengkapi dua platform kecantikan yang sudah ada, dengan menghubungkan tiga fokus kami yaitu content, commerce, dan community," ujar dia.

Dengan mendaftar dan membuat profil kecantikan di SOCO, kata dia, pengguna akan mendapat rekomendasi produk dan konten yang relevan. Pengguna terdaftar juga bisa berkontribusi sebagai pembuat konten dan berinteraksi langsung dengan akun SOCO lainnya. "Platform ini akan menciptakan ekosistem kecantikan yang berkelanjutan dan terintegrasi di era digital," kata dia.

(Baca juga: Deretan E-Commerce Siapkan Promo Ramadan dengan Diskon hingga 90%)

Selain untuk mengembangkan SOCO, sebagian dana investasi ini akan digunakan untuk biaya pemasaran merek yang didistribusikan oleh Sociolla. Saat ini, terdapat 150 lebih merek produk kecantikan yang telah dijual di situs Sociolla. Sebanyak tujuh merek di antaranya berasal dari Asia dan Australia, yang sudah menandatangani perjanjian distribusi secara langsung dengan Sociolla.

Adapun, Sociolla dibangun Chrisanti bersama dua rekannya John Rasjid dan Christoper Madiam pada 2015. Sociolla mendapat pendanaan Seri A dari Venturra Capital pada November 2015. Lalu memperoleh pendanaan Seri B dari istyle Inc pada Januari 2017.

Kolaborasi dengan istyle, lantas memberi akses kepada Sociolla atas 14 juta ulasan terkait produk kecantikan dari cosme.net dan situs serupa asal Amerika Serikat (AS), makeupalley.com. Secara kumulatif, ada lebih dari 12 juta pengunjung situs Sociolla per 2017.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait