Tak Hanya Cicil Gaji Karyawan, Femina juga Akan Jual Aset

Michael Reily
7 November 2017, 13:17
Femina
Katadata
CEO Femina group, Svida Alisjahbana di JCC, Jakarta, Senin (20/5/2013)

Femina Group membayar gaji karyawan dengan skema cicilan untuk menjaga kelangsungan bisnisnya. Selain itu, perusahaan juga melakukan berbagai efisiensi, hingga akan menjual beberapa aset untuk memperbaiki kondisi keuangannya.

Chief Executive Officer Femina Group Svida Alisjahbana menyatakan kebijakan yang diambil perusahaan adalah bagian visi jangka panjang perusahaan. "Kami ingin restrukturisasi dalam waktu cepat, sekarang kami banyak menghitung sumber daya yang ada," kata Svida kepada Katadata di kantornya, Jakarta, Senin (6/11).

Beberapa waktu lalu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers meminta perusahaan melakukan mediasi dengan 15 orang karyawan yang keberatan dengan skema pembayaran cicilan upah. Svida menyatakan, proses negosiasi itu telah berjalan.

Menurutnya, permintaan 15 karyawan tersebut tidak mewakili keseluruhan pegawai Femina yang berjumlah 500 orang. Menurutnya, pemenuhan tuntutan gaji karyawan masih harus menunggu status keuangan Femina Group. “Ini bukan hal yang mudah, semuanya tergantung dengan keadaan perusahaan," kata Svida.

Selain menyicil gaji karyawan, Svida juga menyatakan bahwa perusahaan tengah melakukan efisiensi di berbagai sektor. Selain itu, Femina juga sedang menawarkan beberapa aset untuk dijual. "Kami juga ada aset bangunan dan tanah yang tidak dipakai karena bentuk strategi perusahaan,” ujarnya.

Svida menyatakan, Femina juga telah memulai peralihan model bisnis dari media cetak dengan memperbanyak konten digital. Untuk itu, ia pun meminta dukungan dari seluruh  karyawan. "Manajemen menegaskan bahwa karyawan selalu menjadi prioritas bagi perusahaan," katanya.

Sebelumnya, Femina sempat menjadi sorotan seiring terjadinya perselisihan ketenagakerjaan. Forum Komunikasi Karyawan Femina Group (FKK-FG) menyatakan,  perselisihan ketenagakerjaan ini sudah terjadi sejak awal tahun 2016.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...