Beragam Tanaman Air untuk Kolam, Akuarium dan Pot

Tanaman air merupakan bagian yang sangat penting dalam eksositem air. Ada beragam tanaman air yang bisa dikembangkan di kolam, akuarium, atau pot.
Image title
27 Agustus 2021, 07:00
Tanaman air di akuarium
pixabay.com
Tanaman air di akuarium

Selain bisa hidup di tanah, tanaman bisa tumbuh pada media lain salah satunya air. Tanaman yang bisa tumbuh di air biasa disebut tanaman air. Lismining dan Indriatmoko dalam jurnalnya pada 2018 menyebutkan, tanaman air merupakan bagian yang sangat penting dalam eksositem air. S ebab, tanaman ini memiliki peran sebagai agen fitoremediasi dan perangkap bahan organik di perairan yang membersihkan dan mengontrol pencemaran air.

Fungsi Tanaman Air

Sama halnya dengan tanaman pada umumnya, tanaman di dalam air juga memiliki beragam fungsi terutama untuk ekosistem air. Mengutip dari Jurnal Teknologi Lingkungan Vol. 19, No. 2 tahun 2018, tanaman air ini memiliki beragam kegunaan seperti;

  1. Sebagai mikrohabitat untuk ikan seperti tempat berlindung, mencari makan, memijah, hingga mengasuh anak.
  2. Untuk memperbaiki kualitas perairan.
  3. Agen fitoremediasi, akumulator logam berat, dan bio filter.
  4. Perangkap organik untuk perairan eutrofik.
  5. Sebagai penyerap zat atau nutrisi tertentu.

Meskipun fungsinya cukup beragam, namun jika tanaman air dalam sebuah area perarian terlampu banyak bisa menyebabkan fungsinya berkurang hingga hilang. Tanaman air yang terlalu banyak dan sifatnya menjadi penggangu tidak bisa disebut sebagai tanaman air lagi, melainkan gulma air.

Jenis Tanaman Air

Tumbuhan air memiliki banyak jenisnya, melansir dari sciencing.com tanaman air terbagi menjadi tiga jenis yaitu;

1. Tanaman yang mengapung

Jenis tanaman air ini hanya akarnya saja yang berada di dalam air air. Sementara tajuknya berada di permukaan air. Tanaman ini masih membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis seperti tanaman pada umumnya, sehingga batang dan daun harus berada di atas permukaan air.

2. Tanaman yang tenggelam atau tumbuh di dalam air

Berbeda dengan jenis sebelumnya, kategori tanaman air ini yaitu seluruh bagian dari tanaman berada di dalam air. Biasa tanaman jenis merupakan tanaman hias akuarium yang digunakan untuk memperindah penampiran dari akuarium tersebut.

3. Tanaman yang akarnya di air, namun sebagian tajuknya di permukaan

Jenis yang terakhir yaitu tanaman yang akarnya ada di dalam air namun tajuknya berada di permukaan. Tanaman ini biasanya hidup di rawa atau tanah yang berlumpur. Tanaman tipe ini biasanya dimanfaatkan pada taman yang dipercantik dengan kolam-kolam.

Tanaman Hias Air di Kolam

Kita pasti sering menjumpai taman yang terdapat kolam ikan. Di kolam tersebut biasanya tumbuh beberapa tanaman air. Namun siapa sangka jika tanaman-tanaman yang tumbuh di kolam tidak boleh sembarangan. Berikut ini beberapa tanaman yang bisa ditumbuhkan pada air kolam.

1. Eceng gondok

Jenis tanaman ini biasa kita jumpai pada tempat berair yang dangkal, rawa-rawa, lahan basah, danau, penampungan air, dan berbagai sumber air yang memiliki arus tenang atau air yang relatif diam. Eceng gondok memiliki daun mengapung yang lebar. Tumbuhan ini bisa beradaptasi dengan baik pada beragam kondisi air termasuk perairan yang terdapat racun atau zat kimia sekalipun.

2. Bambu air

Bambu ternyata tidak hanya tumbuh di atas tanah, namun juga bisa tumbuh di ari. Bentuk dari bambu air ini memiliki tinggi sekitar 3 meter dengan batang yang kecil dan memiliki lingkaran berwarna coklat. Corak inilah yang membuat tanaman bambu air semakin indah.

3. Bunga teratai

Tanaman air selanjutnya yang cocok untuk hiasan di kolam yaitu bunga teratai. Bunga ini memiliki daun berukuran besarsekitar 20 hingga 40 cm. Teratai merupakan jenis tanaman yang mengapung. Bunganya berwarna kuning cerah sehingga akan semakin memperindah pemandangan kolam.

4. Ganggang rantai

Ganggang rantai merupakan tanaman air dengan bentuk semak-semak. Tanaman ini memiliki kemampuan unutk membersihkan air sekaligus meningkatkan kadar oksigen di dalam air. Sehingga kolam akan tetap jernih. Selain itu, tanaman ini juga bisa menjadi rumah untuk anak-anak ikan.

Tanaman Hias Akuarium

Selain untuk hiasan kolam, tanaman yang hidup di air juga biasa kita temui pada akuarium. Tanaman di akuarium berfungsi untuk meningkatkan keindahan sekaligus menjaga agar air tetap bersih dan ikan-ikan di tempat tersebut bisa hidup dengan nyaman seperti saat di laut. Ada beberapa tanaman hias yang bisa hidup di dalam air. Berikut ini daftarnya:

1. Lili air

Tanaman hias air ini iasanya di tanam didalam lumpur kolam. Nantinya daun dan bunga dari tanaman ini akan muncul ke permukaan air. Warna bunganya beragam mulai dari putih, kuning, ungu, hingga merah jambu. Sementara daunnya berbentuk bulat dan memiliki lapisan lilin pada permukaannya.

2. Jungle vallisneria

Jungle vallisneria memiliki daun yang panjang dengan warna hijau cerah. Daun tanaman ini mirip seperti pita. Daun yang panjang dan cerah cocok untuk di tanam pada bagian belakang akuarium.

3. Pakis lidah

Tanaman ini memiliki daun yang panjang seperti lidah dengan urat daun yang jelas. Tanaman ini biasanya ditanam dengan mengikat rimpang pada batu atau penyangga kemudian dimasukkan ke dalam air. Tinggi tanaman ini sekitar 20 hingga 30 cm dan akan tumbuh dengan baik pada suhu air sekitar 20 sampai 32 derajat celcius.

4. Water wisteria

Tanaman hias water wisteria memiliki daun bergelombang dan tonjolan sempit dengan warna cerah. Bentuk daun ini bisa berubah sesuai dengan kondisi lingkungan. Tamana air ini bisa tumbuh hingga 50 cm dengan lebar sekitar 25 cm.

Tanaman Hias Air di Pot

Tanaman air juga ternyata bisa di tanam pada pot atau tempat yang relatif sempit. Berikut ini beberapa tanaman air yang bisa hidup di pot:

1. Sirih gading

Meski namanya sirih, namun tanaman ini tidak sama dengan sirih yang biasa kita temukan sebagai obat. Sirih gading memiliki daun yang kecil bentuknya bundar dengan ujung meruncing. Daun tanaman ini berwarna hijau dengan semburat kuning atau putih kekuningan yang membuat penampilannya semakin indah. Tanaman ini juga bisa di tanam di pekarangan dan biasanya akan merambat ke pohon lain. Namun saat di tanam di pot berisi air, tanaman ini akan menjuntai ke bawah dengan sangat cantik.

2. Apu-apu

Tumbuhan ini biasanya akan mengapung di permukaan air dengan warna hijau yang melingkar dan berumpuk. Daun diselimuti dengan bulu harus sehingga tekstur dari daun ini seperti beludru. Akarnya serabut dengan warna putih dan menggantung hingga 30 cm di bawah air. Menanam tanaman ini cukup mudah, sebab tanaman ini tidak perlu perawatan khusus, letakkan saja di permukaan air lalu akan tumbuh dan beranak sendiri.

3. Kala air

Tanaman ini memiliki bentuk seperti corong dengan warna putih. Sedangkan putiknya berwarna kuning cerah. Bunga ini memiliki air yang lembut.

4. Anubias

Tanaman air lainnya yang bisa di tanam pada pot selanjutnya yaitu anubias. Tumbuhan air ini memiliki bentuk yang cantik. Tidak hanya itu, anubias juga bisa hidup tanpa CO2 dan sedikit pupuk.

Tanaman Air untuk Ikan Cupang

Popularitas dari ikan cupang semakin hari semakin meningkat. Ikan berukuran kecil dengan warna mencolok ini biasanya hidup dalam akuarium atau wadah kaca lainnya. Apa bila anda memelihara cupang, tidak ada salahnya untuk menambahkan tanaman air agar akuarium nampak cantik dan ikan juga bisa memiliki tempat tinggal yang nyaman. Ada beberapa tanaman yang cocok sebagai habitat ikan cupang. Ingin tahu apa saja tanaman jenis ini? Berikut daftarnya:

1. Pakis Jawa

Pakis Jawa merupakan tumbuhan paku yang biasa hidup di luar atau di dalam air. Tanaman ini bisa menjadi pilihan untuk budidaya ikan cupang. Tanaman ini memiliki tajuk yang cukup besar. Jadi sebelum menanamnya, pastikan tempat akuarium cukup untuk menampung tanaman ini. anda juga bisa rutin merapikan tumbuhan ini agar tidak terlalu besar dan rumbun.

2. Java moss

Tanaman air lainnya yang bisa digunakan untuk akuarium ikan cupang yaitu java moss. Tanaman in biasa menempel pada batu, kayu apung, atau dekorasi lain pada akuarium. Java moss membutuhkan suhu air sekitar 21 hingga 23 derajat celcius untuk tumbuh dengan baik.

3. Lumut tanduk

Hornwort atau lumut tanduk merupakan tanaman yang cocok untuk akuarium ikan cupang. Hanya sata tanaman air ini butuh perawatan lebih ekstra dibandingkan tanaman lain. Lumut ini butuh cahaya cukup tinggi agar bisa tumbuh dengan baik. Jadi pastikan untuk meletakan akuarium berisi lumut tanduk pada tempat yang terkena sinar matahari sepanjang waktu.

4. Anacharis

Tanaman ini sebenarnya gulma air. Hanya saja jika dirawat dengan baik, tanaman ini bisa menjadi hiasan pada akuarium ikan cupang kesayangan anda. Anacharis butuh pH yang netral untuk bisa tumbuh dengan baik, sehingga pengecekan pH secara berkala menjadi salah satu perawatan yang harus dilakukan. Suhu ideal untuk tanaman ini sekitar 21 hingga 25 derajat celcius. Tanaman ini memiliki daya tahan yang cukup kuat, sehingga perawatannya juga cukup mudah.

5. Umbi betta

Tanaman ini tidak butuh perawatan khusus baik untuk pH atau suhu airnya. Kebutuhan cahaya juga bisa menyesuaikan dengan ukuran akuarium. Jika akuariumnya berukuran besar, maka cahaya yang masuk akan semakin banyak dan pertumbuhan umbi ini akan semakin cepat.

Itulah beberapa jenis tanaman air yang bisa dipelihara baik di kolam, pot, atau akuarium. Perawatan tanaman air sejatinya tidak terlalu sulit. Namun anda juga harus tetap memperhatiakan prihal kebersihan dari tempat tersebut. Jika memungkinkan anda bisa mengukur pH dan suhu air agar tanaman bisa tumbuh menjadi lebih baik.

Sebelum menanam anda juga bisa mencari informasi terlebih dahulu terkait ukuran tanaman tersebut. Jangan sampai menanam tanaman air dengan tajuk lebar pada area yang sempit. Karena hal tersebut bisa menghambat pertumbuhan dari tanaman hias.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait