Beragam Tanaman Air untuk Kolam, Akuarium dan Pot

Siti Nur Aeni
27 Agustus 2021, 07:00
Tanaman air di akuarium
pixabay.com
Tanaman air di akuarium

Selain bisa hidup di tanah, tanaman bisa tumbuh pada media lain salah satunya air. Tanaman yang bisa tumbuh di air biasa disebut tanaman air. Lismining dan Indriatmoko dalam jurnalnya pada 2018 menyebutkan, tanaman air merupakan bagian yang sangat penting dalam eksositem air. S ebab, tanaman ini memiliki peran sebagai agen fitoremediasi dan perangkap bahan organik di perairan yang membersihkan dan mengontrol pencemaran air.

Fungsi Tanaman Air

Sama halnya dengan tanaman pada umumnya, tanaman di dalam air juga memiliki beragam fungsi terutama untuk ekosistem air. Mengutip dari Jurnal Teknologi Lingkungan Vol. 19, No. 2 tahun 2018, tanaman air ini memiliki beragam kegunaan seperti;

Advertisement
  1. Sebagai mikrohabitat untuk ikan seperti tempat berlindung, mencari makan, memijah, hingga mengasuh anak.
  2. Untuk memperbaiki kualitas perairan.
  3. Agen fitoremediasi, akumulator logam berat, dan bio filter.
  4. Perangkap organik untuk perairan eutrofik.
  5. Sebagai penyerap zat atau nutrisi tertentu.

Meskipun fungsinya cukup beragam, namun jika tanaman air dalam sebuah area perarian terlampu banyak bisa menyebabkan fungsinya berkurang hingga hilang. Tanaman air yang terlalu banyak dan sifatnya menjadi penggangu tidak bisa disebut sebagai tanaman air lagi, melainkan gulma air.

Jenis Tanaman Air

Tumbuhan air memiliki banyak jenisnya, melansir dari sciencing.com tanaman air terbagi menjadi tiga jenis yaitu;

1. Tanaman yang mengapung

Jenis tanaman air ini hanya akarnya saja yang berada di dalam air air. Sementara tajuknya berada di permukaan air. Tanaman ini masih membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis seperti tanaman pada umumnya, sehingga batang dan daun harus berada di atas permukaan air.

2. Tanaman yang tenggelam atau tumbuh di dalam air

Berbeda dengan jenis sebelumnya, kategori tanaman air ini yaitu seluruh bagian dari tanaman berada di dalam air. Biasa tanaman jenis merupakan tanaman hias akuarium yang digunakan untuk memperindah penampiran dari akuarium tersebut.

3. Tanaman yang akarnya di air, namun sebagian tajuknya di permukaan

Jenis yang terakhir yaitu tanaman yang akarnya ada di dalam air namun tajuknya berada di permukaan. Tanaman ini biasanya hidup di rawa atau tanah yang berlumpur. Tanaman tipe ini biasanya dimanfaatkan pada taman yang dipercantik dengan kolam-kolam.

Tanaman Hias Air di Kolam

Kita pasti sering menjumpai taman yang terdapat kolam ikan. Di kolam tersebut biasanya tumbuh beberapa tanaman air. Namun siapa sangka jika tanaman-tanaman yang tumbuh di kolam tidak boleh sembarangan. Berikut ini beberapa tanaman yang bisa ditumbuhkan pada air kolam.

1. Eceng gondok

Jenis tanaman ini biasa kita jumpai pada tempat berair yang dangkal, rawa-rawa, lahan basah, danau, penampungan air, dan berbagai sumber air yang memiliki arus tenang atau air yang relatif diam. Eceng gondok memiliki daun mengapung yang lebar. Tumbuhan ini bisa beradaptasi dengan baik pada beragam kondisi air termasuk perairan yang terdapat racun atau zat kimia sekalipun.

2. Bambu air

Bambu ternyata tidak hanya tumbuh di atas tanah, namun juga bisa tumbuh di ari. Bentuk dari bambu air ini memiliki tinggi sekitar 3 meter dengan batang yang kecil dan memiliki lingkaran berwarna coklat. Corak inilah yang membuat tanaman bambu air semakin indah.

3. Bunga teratai

Tanaman air selanjutnya yang cocok untuk hiasan di kolam yaitu bunga teratai. Bunga ini memiliki daun berukuran besarsekitar 20 hingga 40 cm. Teratai merupakan jenis tanaman yang mengapung. Bunganya berwarna kuning cerah sehingga akan semakin memperindah pemandangan kolam.

4. Ganggang rantai

Ganggang rantai merupakan tanaman air dengan bentuk semak-semak. Tanaman ini memiliki kemampuan unutk membersihkan air sekaligus meningkatkan kadar oksigen di dalam air. Sehingga kolam akan tetap jernih. Selain itu, tanaman ini juga bisa menjadi rumah untuk anak-anak ikan.

Tanaman Hias Akuarium

Selain untuk hiasan kolam, tanaman yang hidup di air juga biasa kita temui pada akuarium. Tanaman di akuarium berfungsi untuk meningkatkan keindahan sekaligus menjaga agar air tetap bersih dan ikan-ikan di tempat tersebut bisa hidup dengan nyaman seperti saat di laut. Ada beberapa tanaman hias yang bisa hidup di dalam air. Berikut ini daftarnya:

1. Lili air

Tanaman hias air ini iasanya di tanam didalam lumpur kolam. Nantinya daun dan bunga dari tanaman ini akan muncul ke permukaan air. Warna bunganya beragam mulai dari putih, kuning, ungu, hingga merah jambu. Sementara daunnya berbentuk bulat dan memiliki lapisan lilin pada permukaannya.

2. Jungle vallisneria

Jungle vallisneria memiliki daun yang panjang dengan warna hijau cerah. Daun tanaman ini mirip seperti pita. Daun yang panjang dan cerah cocok untuk di tanam pada bagian belakang akuarium.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement