Definisi Neraca, Kenali Agar Tahu Keuangan Perusahaan Tetap Sehat

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
17 Juni 2022, 06:45
Definisi Neraca, Kenali Agar Tahu Keuangan Perusahaan Tetap Sehat
Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Laporan neraca adalah dokumen yang berisi kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Laporan neraca merupakan arsip penting di dalam perusahaan. Untuk itu, penting memahami definisi neraca, mengenali unsur-unsur neraca, manfaat, dan fungsinya.

Definisi Neraca

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan dari entitas bisnis atau perusahaan yang mencatat informasi tentang aset, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham pada waktu tertentu. Laporan ini wajib dibuat oleh entitas bisnis atau perusahaan karena menjadi panduan dalam memutuskan keputusan bisnis. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, neraca adalah catatan perbandingan untung-rugi, utang-piutang, pemasukan dan pengeluaran, dan sebagainya.

Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan, arti neraca adalah ikhtisar yang menggambarkan posisi harta, kewajiban, dan modal sendiri suatu badan usaha pada saat tertentu. Disebut neraca karena kenyataannya terjadi keseimbangan antara harta di satu pihak dan kewajiban serta modal di pihak lain (balance sheet).

Pengertian Neraca Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian mengenai neraca, yaitu:

  • Keown, et. al (1996, hal 87). Neraca adalah suatu bagian dari laporan keuangan yang menunjukkan keadaan dari suatu unit usaha pada tanggal tertentu yang terdiri atas dua bagian yaitu aktiva dan pasiva. Aktiva dapat dikategorikan sebagai investasi yang dilakukan dalam perusahaan sedangkan pasiva merupakan sumber-sumber yang digunakan untuk investasi tersebut dan jumlah kedua bagian ini harus sama.
  • Smith dan Skousen (2007, hal 152). Neraca adalah laporan pada suatu saat tertentu mengenai sumber daya perusahaan (aktiva), hutangnya (kewajiban), dan klaim kepemilikan terhadap sumber daya (ekuitas pemilik).

Unsur-unsur dalam Neraca

Ada beberpa unsur yang harus ada dalam format laporan neraca. Dengan laporan neraca, kondisi keuangan perusahaan bisa dianalisis sebagai bahan evaluasi untuk pembiayaan perusahaan di periode selanjutnya.

Berikut adalah unsur-unsur dalam neraca:

1. Aktiva

Aktiva adalah kekayaan atau aset perusahaan yang berhasil dikumpulkan. Aset inilah yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk membiayai kebutuhan di masa selanjutnya. Unsur aktiva masih dibagi menjadi dua yaitu aktiva tetap dan aktiva lancar. 

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...