Pramusim MotoGP Rampung, ITDC Fokus Selesaikan Fasilitas Mandalika

Rezza Aji Pratama
13 Februari 2022, 19:27
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu kecepatan motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (13/2/2022).
ANTARA FOTO/Andika Wahyu/YU
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu kecepatan motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (13/2/2022).

Sekitar satu bulan menjelang gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola sirkuit masih punya sejumlah pekerjaan rumah yang belum selesai.

Direktur Operasi dan Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengatakan beberapa fasilitas pendukung di sekitar sirkuit masih belum selesai dikerjakan. Ini misalnya ruas jalan lingkar Sirkuit Mandalika, dan pembangunan tempat duduk penonton atau grandstand yang berkapasitas 2.000 orang.

“Pekerjaan ini akan selesai pada pekan kedua Maret,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (13/2).

Arie mengatakan selain grandstand, pihaknya juga masih harus merampungkan fasilitas tempat duduk penonton VIP atau yang biasa disebut Royal Box. Fasilitas ini akan dibangun di tidak jauh dari garasi (paddock) para pembalap. 

Menurut Arie, penyelesaian fasilitas itu akan langsung dikerjakan setelah pramusim MotoGP rampung pada hari ini, Minggu (13/2). Sesi tes pramusim yang digelar sepanjang akhir pekan ini menjadi sarana evaluasi sebelum pelaksanaan Grand Prix. Salah satu keluhan pembalap terkait trek adalah lintasan yang masih kotor saat hari pertama. 

Dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika Maret mendatang, ITDC menargetkan ada 63.000 penonton per hari. Pada hari pertama yakni 18 Desember 2022, para pembalap diberikan waktu sesi latihan bebas. Kemudian keesokan harinya akan digelar babak kualifikasi. Adapun menu utama balapan Grand Prix Mandalika akan dihelat pada Minggu (20/2). 

"Jadi selama tiga hari itu akan sangat sibuk, baik itu flow of traffic ataupun flow of travel. Ada sekitar 180 ribu-200 ribu penonton dalam tiga hari itu," kata Arie.



Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...