Para Pemudik Diperkirakan Akan Hasilkan 50 Ribu Ton Sampah

Rezza Aji Pratama
18 April 2023, 15:51
Sejumlah calon pemudik menunggu jadwal keberangkatan bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Pada H-4 Lebaran, Terminal Kalideres terpantau ramai pemudik dan menurut data dari pengelola terminal ada sebanyak 2.431 pemudik dengan 157 kendar
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Sejumlah calon pemudik menunggu jadwal keberangkatan bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Pada H-4 Lebaran, Terminal Kalideres terpantau ramai pemudik dan menurut data dari pengelola terminal ada sebanyak 2.431 pemudik dengan 157 kendaraan yang berangkat.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkirakan para pemudik akan menghasilkan 49.520 ton sampah selama dua pekan periode mudik lebaran tahun ini.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan pihaknya bakal fokus menangani timbunan sampah yang dihasilkan oleh para pemudik di wilayah Sumatra dan Jawa-Bali. Pasalnya, wilayah tersebut memiliki jumlah pemudik paling banyak ketimbang wilayah lain di Indonesia.

"Padat sekali (pemudik) dan kami juga khawatir di rest area akan membludak sampahnya," kata Vivien, dalam keterangan resmi, Selasa (18/4). 

Vivien mengatakan sampah pemudik berasal dari sisa makanan dan sampah plastik kemasan. Ia pun menghimbau pemudik agar membatasi sampah yang dihasilkan dan menggunakan produk-produk daur ulang.   

Vivien mengatakan, pihaknya telah meluncurkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor 02 Tahun 2023 tentang Pengendalian Sampah Dalam Rangkaian Kegiatan Hari Raya Idul Fitri 2023. Surat ini menghimbau peran aktif pemerintah daerah untuk menyiapkan fasilitas pemilahan sampah di sepanjang jalur mudik.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...