Macam-Macam Motif dan Kegiatan Ekonomi

Image title
29 September 2021, 17:37
Pasar merupakan tempat berlangsungnya kegiatan ekonomi distribusi.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Pasar merupakan tempat berlangsungnya kegiatan ekonomi distribusi.

Ekonomi akan selalu ada dalam kehidupan manusia. Penerapan ilmu ekonomi penting bagi keberlangsungan hidup tiap individu. Sebab, dengan begitu mereka bisa memenuhi kebutuhannya dan mencapai kemakmuran.

Namun, di balik padatnya aktivitas perekonomian terdapat alasan tersendiri mengapa kegiatan atau tindakan ekonomi dilakukan oleh individu atau perusahaan.

Advertisement

Motif Ekonomi

Menurut Schiffman dan Kamuk, motif ekonomi dapat digambarkan sebagai kekuatan penggerak antara individu-individu yang mendorong mereka untuk dapat bertindak. Kekuatan penggerak itu disebabkan karena adanya ketegangan yang timbul akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi.

Sederhananya, motif ekonomi dapat diartikan sebagai suatu alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk melakukan tindakan dan kegiatan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan (pangan, sandang, papan).

Berdasarkan sifatnya, motif ekonomi dibagi menjadi dua, yakni motif ekstrinsik dan motif intrinsik. Motif ekstrinsik merupakan motivasi yang berasal dari luar individu yang kebanyakan adalah kebutuhan pendukung yang timbul karena adanya pengaruh lingkungan.

Sedangkan, motif intrinsik merujuk pada motivasi yang berasal dari dalam individu tanpa dorongan atau pengaruh dari luar. Motif ini umumnya meliputi kebutuhan dasar manusia yang bersifat primer.

Macam-macam Motif Ekonomi

Motif ekonomi memiliki tujuan akhir untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai suatu kemakmuran. Motif ekonomi dapat dibedakan menjadi motif individu dan motif organisasi yang masing-masing memiliki tujuan tertentu.

Motif Individu

Sesuai namanya, motif individu didasarkan pada dorongan tiap-tiap individu untuk memperbaiki perekonomian serta mencapai kesejahteraan diri dan keluarga. Adapun motif tersebut di antaranya:

  • Memenuhi kebutuhan dan meningkatkan taraf hidup

Untuk melanjutkan hidup, setiap individu memiliki kebutuhannya masing-masing, baik berupa barang maupun jasa. Kebutuhan manusia cenderung bersifat tidak terbatas, sedangkan alat pemuasnya tidak selalu mencukupi. Untuk itu, perlu adanya perhitungan yang cermat agar memperoleh hasil sesuai harapan.

  • Memperoleh keuntungan

Tujuan memperoleh keuntungan ini bisa berupa uang atau dalam bentuk lainnya. Dengan memperoleh keuntungan tersebut, diharapkan kekayaan seseorang juga akan mengalami peningkatan sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidup dengan lebih baik.

  • Memperoleh penghargaan

Tindakan ekonomi seseorang  kadang juga dilakukan dengan alasan agar individu tersebut dihargai oleh orang lain. Hal in dilakukan untuk mendapat kepuasan tersendiri bagi pelaku kegiatan ekonomi. Penghargaan ini dimaksudkan untuk memperoleh pujian hingga status sosial yang lebih tinggi di lingkungannya.

  • Memperoleh kekuasaan

Motif memperoleh kekuasaan bisa hadir di level politik kenegaraan hingga ke skala yang lebih kecil yakni di level pertemanan atau keluarga.

Motif Organisasi

Motif ini didasari keinginan suatu kelompok untuk meningkatkan kondisi ekonomi anggota kelompok tersebut dengan cara bekerja bersama-sama. Adapun motif organisasi di antaranya:

  • Produksi barang

Suatu perusahaan berusaha untuk memperoduksi barang atau jasa dengan harga terjangkau dan kualitas yang mumpuni sehingga mendapat porsi tertentu di dalam pasar secara berkelanjutan.

  • Mencari keuntungan

Sudah merupakan hal lumrah sebuah perusahaan menjalankan tindakan ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Dengan mendapat profit, suatu perusahan atau organisasi dapat terus beroperasi dan melanjutkan aktivitas ekonomi.

Adapun langkah yang dapat dilakukan perusahaan untuk mendapat keuntungan atau profit, antara lain dengan menetapkan harga produk yang tepat, mengurangi pengeluaran, memperluas jaringan, memperbanyak produk, mengadopsi teknik pemasaran yang tepat, dan tidak menyia-nyiakan peluang bisnis lain yang datang.

  • Menjaga kontinuitas

Tindakan ekonomi juga dilakuakan suatu organisasi atau perusahaan dengan motif menjaga kontinuitas dan mempertahankan eksistensinya. Sehingga, menjadi alasan mereka untuk dapat selalu menghasilkan keuntungan secara berkelanjutan agar usaha tidak gulung tikar dan kalah saing dengan kompetitor lainnya.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi merupakan sesuatu yang harus tetap dijaga siklus perputarannya. Negara dengan kegitan ekonomi yang stabil dan sehat akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Sebaliknya, kegiatan ekonomi yang sewenang-wenang dan tanpa perhitungan akan berakibat buruk pada kelangsungan hidup masyarakat.

Kegiatan ekonomi dapat disimpulkan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk menunjang dan memenuhi kebutuhan hidup manusia. Agar kegiatan ekonomi berjalan dengan lancar, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak yang terlibat. Ada yang berlaku sebagai penjual dan pembeli.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement