Memahami Pernyataan Positif dan Normatif serta Metodologi Ilmu Ekonomi

Image title
30 September 2021, 14:25
Memahami Pernyataan Positif dan Normatif serta Metodologi Ilmu Ekonomi
123rf
Ilustrasi ilmu ekonomi.

Dalam ilmu ekonomi, keadaan yang terjadi dan yang akan terjadi dalam masyarakat perlu dibedakan dengan keadaan yang sebaiknya terjadi.

Keadaan yang terjadi dan yang akan terjadi adalah keadaan sebenarnya dalam masyarakat. Kondisi ini memerlukan suatu perbaikan melalui tindakan-tindakan agar tercapai suatu kondisi yang ideal. Untuk itu, digunakanlah suatu pendekatan.

Mengutip buku paket SMA kelas X berjudul “Ekonomi” karya Alam S, dalam mengkaji suatu kondisi ekonomi, para ekonom menggunakan dua jenis pendekatan yang terwujud dalam pernyataan positif dan pendekatan normatif.

Pernyataan Positif dan Normatif

Pernyataan positif bersifat deskriptif dan membuat klaim tentang bagaimana dunia ini. Sementara, pernyataan normatif bersifat perspektif dan membuat klaim tentang bagaimana dunia seharusnya.

Pernyataan Positif

Pernyataan positif menggambarkan fakta-fakta dari kegiatan ekonomi yang terjadi di masyarakat. Fakta ini berhubungan dengan perkiraan tentang hal yang sudah dan yang akan terjadi.

Contohnya, penerapan teknologi dalam sektor pertanian dapat meningkatkan hasil pertanian dan kemakmuran ikut bertambah. Namun, fakta di lapangan menunjukan hanya sedikit orang yang berhasil dalam sektor pertanian. Sebab, hanya sebagian warga yang aktif dalam kegiatan produksi, sedangkan yang lainnya menjadi konsumen. Alhasil, hanya sebagian orang yang menikmati kekayaan.

Kasus ini merupakan pernyataan positif dan dapat ditelaah kebenarannya menggunakan data atau fakta yang tersedia.

Pernyataan Normatif

Pernyataan normatif berkaitan dengan kriteria kebijakan yang optimal. Ilmu ini menggunakan studi empiris dan prediksi ekonomi positif, serta menggabungkan keduanya dalam dalam pertimbangan nilai yang mencerminkan gagasan ideal tentang masyarakat dalam rangka memperoleh rekomendasi kebijakan.

Contohnya, apakah lembaga administratif pemerintahan lebih baik daripada pasar dalam menampung perubahan pola permintaan air? Atau haruskah proyek penyediaan air tertentu dilakukan?

Dalam pernyataan normatif, pertentangan antara hal yang baik dan buruk menjadi perhatian. Pernyataan ini banyak digunakan oleh para penasihat ekonomi.

Metodologi Ilmu Ekonomi

Objek kajian ilmu ekonomi tidak lain adalah berbagai masalah ekonomi yang dicari penjelasan dan penyelesaiannya. Umumnya, dalam menganalisis masalah perekonomian, ilmu ekonomi memulainya dengan observasi objek permasalahan.

Selanjutnya, menentukan hubungan permasalahan dengan teori ekonomi yang terkait, menentukan hipotesis, mengidentifikasi masalah melalui  pertanyaan, menentukan variabel yang akan diuji, serta menentukan asumsi-asumsi dan model yang digunakan untuk mendapatkan solusi atau kesimpulan.

  • Melakukan obeservasi dan memilih teori

Hubungan antara observasi dan teori juga terjadi dalam ilmu ekonomi. Kendati demikian, para ekonom mengalami keterbatasan dalam hal melakukan eksperimen untuk menyelesaikan masalah ekonomi.

Contoh hubungan ini semisal, seorang ekonom yang tinggal di suatu negara yang mengalami kenaikan harga barang-barang tergerak untuk melakukan observasi. Untuk mendukung analisisnya, ia menggunakan teori inflasi. Teori ini bisa saja menyimpulkan bahwa inflasi yang tinggi terjadi karena pemerintah terlalu banyak mencetak uang.

Di akhir observasinya, si ekonom bisa saja meragukan kesesuaian teori inflasi itu untuk menjelaskan fenomena tersebut. Namun, jika fakta itu memiliki korelasi yang kuat terhadap kenaikan harga, ekonom akan semakin yakin terhadap kebenaran teori inflasi.

  • Mengidentifikasi permasalahan serta menentukan variabel dan hipotesis

Tahapan selanjutnya dalam metodologi ilmiah yaitu mengidentifikasi masalah dalam bentuk pertanyaan. Pertanyaan yang akan ditanyakan ke objek analisis ini haruslah tepat agar masalah dapat teridentifikasi dengan jelas. Selanjutnya, variabel yang relevan dapat ditentukan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...