7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Image title
8 Oktober 2021, 17:13
Gunung Kerinci, salah satu gunung tertinggi di Indonesia.
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/wsj.
Gunung Kerinci, salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung tertinggi di Indonesia menjadi tujuan sebagian besar pendaki lokal dan mancanegara. Ada tujuh gunung tertinggi di Indonesia atau yang juga disebut Seven summit Indonesia. Kehadirannya seolah memanggil para pendaki untuk ditaklukan.

Puncak tertinggi di Indonesia membawa nama tanah air sebagai sasaran destinasi sport tourism bagi wisatawan penyuka tantangan.

Advertisement

Kendati demikian, untuk menaklukan gunung-gunung tertinggi tersebut memerlukan persiapan fisik, mental, dan perlengkapan mendaki yang memadai guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti vertigo hingga hipotermia.

Adapun perlengkapan yang harus disiapkan para pendaki di antaranya, tas gunung (carrier), jas hujan, jaket gunung, tenda, matras, sepatu dan sandal gunung, nesting, hingga peralatan medis sebagai pertolongan pertama jika menghadapi serangan penyakit di ketinggian.

Selain itu, jangan lupa untuk memperkaya wawasan baik seputar aktivitas pendakian maupun informasi tentang gunung yang hendak ditaklukan. Hal ini dapat mencegah dan meminimalisir risiko yang kemungkinan terjadi selama waktu pendakian.

Mengutip laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut 7 gunung tertinggi di Indonesia (seven summit Indonesia):

1. Carstensz Pyramid (Puncak Jaya)

Carstensz Pyramid atau yang juga dikenal dengan nama Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi Indonesia yang terletak di Papua.

Gunung karang (limestone) dengan salju abadi ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak Jaya juga masuk dalam daftar gunung tertinggi di dunia atau World Seven Summits.

Untuk mencapai puncak, para pendaki mesti punya persiapan fisik dan perlengkapan mendaki yang memadai. Selain itu, pendaki juga diharapkan memiliki kemampuan panjat tebing yang mumpuni.

Untuk mencapai puncak Carstensz Pyramid bisa melalui dua jalur, yakni dari Sugapa dan Ilaga.

2. Gunung Kerinci

Dengan ketinggian 3.805 mdpl, Gunung Kerinci menjadi atap Pulau Sumatera. Gunung yang terletak di perbatasan antara Sumatera Barat dan Jambi ini terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia.

Gunung Kerinci telah ditetapkan sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra. Gunung ini juga menjadi gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara.

TNKS merupakan habitat bagi Harimau Sumatera dengan jumlah populasi sekitar 160-167 ekor dan masuk dalam daftar hewan dilindungi. Bahkan, International Union for Conservation of Nature (IUCN) mengategorikan satwa ini dengan status kritis (critically endangered).

3. Gunung Rinjani

Gunung yang merupakan gunung tertinggi di gugusan kepulauan Sunda Kecil ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini menjadi gunung berapi aktif kedua tertinggi di Indonesia. Di puncaknya, kelelahan para pendaki akan terbayarkan dengan keindahan danau kaldera yang membentang luas.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement