7 Mata Uang Tertinggi di Dunia Kalahkan Dolar

Image title
15 Oktober 2021, 16:16
7 Mata Uang Tertinggi di Dunia Kalahkan Dolar
Pixabay/Gerd Altmann
Ilustrasi mata uang dolar

Setiap negara memiliki satuan nilai mata uang yang bermacam-macam. Mata uang mencakup uang kertas dan uang logam yang dikeluarkan oleh bank sentral atau otoritas keuangan suatu negara yang bertindak sebagai pemasok tunggal sekaligus memantau peredaran uang di dalam sistem perekonomian yang berlaku.

Mengutip buku Sistem dan Kebijakan Nilai Tukar yang ditulis oleh Simorangkir dan Suseno, secara umum dapat disimpulkan bahwa uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Di sisi lain ada juga istilah mata uang yang berarti satuan nilai alat pembayaran berupa uang yang diterima dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan melakukan transaksi ekonomi di suatu negara.

 Sejarah Kemunculan Mata Uang

Jauh sebelum nilai mata uang muncul dan digunakan, manusia purba secara masih bisa menghidupi kebutuhan sendiri tanpa harus bertransaksi. Saat itu manusia dapat memenuhi semua kebutuhan hidupnya dari alam sekitarnya.

Ketika sumber daya alam yang mereka gunakan habis, mereka berpindah dan mulai menggunakan sumber daya alam yang ada di sekitarnya lagi. Barulah ketika munculnya peradaban kuno manusia mulai menukar barang miliknya dengan barang milik orang lain, yang disebut barter.

Setelah peradaban lebih maju, manusia mulai menggunakan alat penukar, walaupun belum berupa uang. Alat ini disebut uang barang. Barulah setelah manusia menguasai penggunaan tulisan dan huruf, dikenalah uang atau disebut uang kepercayaan.

Setiap negara memiliki mata uang dan nilai yang berbeda. Timbul pertanyaan negara manakah yang memiliki mata uang paling perkasa di dunia? Banyak masyarakat akan menduga bahwa pondsterling merupakan mata uang tertinggi terutama setelah kejadian Brexit, atau Amerika Serikat dengan dolarnya.

Faktanya, masih ada 7 mata uang yang bisa mengalahkan kedua negara itu, berikut daftarnya mata uang yang bernilai tinggi melebihi dolar AS:

1. Dinar Kuwait (KWD)

Mata uang tertinggi pertama adalah dinar Kuwait. Bila bila melihat status perdagangan valas terbaru, setiap satu dinar Kuwait memiliki nilai yang setara dengan 2.47 poundsterling.

Dibandingkan dengan nominal dolar Amerika Serikat, setiap satu dinar Kuwait setara dengan US$3,27 atau jika dirupiahkan menjadi sebesar Rp46.510. Tingginya nilai mata uang dinar Kuwait tak lepas dari kebijakan bank sentralnya yang memberlakukan nilai tukar tetap. Faktor Kuwait sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar juga berpengaruh.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...