7 Mata Uang Tertinggi di Dunia Kalahkan Dolar

Bila kita sebelumnya hanya mengenal dolar sebagai mata uang tertinggi, namun ternyata masih ada tujuh mata uang lainnya yang menduduki peringkat tertinggi di dunia
Image title
15 Oktober 2021, 16:16
7 Mata Uang Tertinggi di Dunia Kalahkan Dolar
Pixabay/Gerd Altmann
Ilustrasi mata uang dolar

Setiap negara memiliki satuan nilai mata uang yang bermacam-macam. Mata uang mencakup uang kertas dan uang logam yang dikeluarkan oleh bank sentral atau otoritas keuangan suatu negara yang bertindak sebagai pemasok tunggal sekaligus memantau peredaran uang di dalam sistem perekonomian yang berlaku.

Mengutip buku Sistem dan Kebijakan Nilai Tukar yang ditulis oleh Simorangkir dan Suseno, secara umum dapat disimpulkan bahwa uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Di sisi lain ada juga istilah mata uang yang berarti satuan nilai alat pembayaran berupa uang yang diterima dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan melakukan transaksi ekonomi di suatu negara.

 Sejarah Kemunculan Mata Uang

Jauh sebelum nilai mata uang muncul dan digunakan, manusia purba secara masih bisa menghidupi kebutuhan sendiri tanpa harus bertransaksi. Saat itu manusia dapat memenuhi semua kebutuhan hidupnya dari alam sekitarnya.

Ketika sumber daya alam yang mereka gunakan habis, mereka berpindah dan mulai menggunakan sumber daya alam yang ada di sekitarnya lagi. Barulah ketika munculnya peradaban kuno manusia mulai menukar barang miliknya dengan barang milik orang lain, yang disebut barter.

Setelah peradaban lebih maju, manusia mulai menggunakan alat penukar, walaupun belum berupa uang. Alat ini disebut uang barang. Barulah setelah manusia menguasai penggunaan tulisan dan huruf, dikenalah uang atau disebut uang kepercayaan.

Setiap negara memiliki mata uang dan nilai yang berbeda. Timbul pertanyaan negara manakah yang memiliki mata uang paling perkasa di dunia? Banyak masyarakat akan menduga bahwa pondsterling merupakan mata uang tertinggi terutama setelah kejadian Brexit, atau Amerika Serikat dengan dolarnya.

Faktanya, masih ada 7 mata uang yang bisa mengalahkan kedua negara itu, berikut daftarnya mata uang yang bernilai tinggi melebihi dolar AS:

1. Dinar Kuwait (KWD)

Mata uang tertinggi pertama adalah dinar Kuwait. Bila bila melihat status perdagangan valas terbaru, setiap satu dinar Kuwait memiliki nilai yang setara dengan 2.47 poundsterling.

Dibandingkan dengan nominal dolar Amerika Serikat, setiap satu dinar Kuwait setara dengan US$3,27 atau jika dirupiahkan menjadi sebesar Rp46.510. Tingginya nilai mata uang dinar Kuwait tak lepas dari kebijakan bank sentralnya yang memberlakukan nilai tukar tetap. Faktor Kuwait sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar juga berpengaruh.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Mata uang tertinggi kedua ada pada Dinar Bahrain. Nilai satu dinar Bahrain sama dengan US$2,65 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp37.680.

3. Rial Oman (OMR)

Mata uang tertinggi ketiga ada pada rial Oman. Untuk setiap 1 rial Oman setara dengan US$2,6 atau sama dengan Rp36.900.

Saking tingginya mata uang Oman, pemerintah dan bank sentral negara tersebut sampai harus mengeluarkan uang kertas dengan pecahan 1/4 dan 1/2 rial untuk mengakomodasi transaksi yang bernilai kecil.

4. Dinar Yordania

Mata uang tertinggi keempat ada pada dinar Yordania. Adapun setiap nilai satu dinar dihargai sebesar US$1,41 atau sama dengan Rp20.030.

Belum ada penjelasan pasti mengenai alasan kenapa dinar Yordania dipatok sangat tinggi mengingat Yordania bukan negara penghasil minyak besar sebagaimana 3 negara teratas pemilik mata uang tertinggi sejagat.

5. Poundsterling Inggris (GBP atau £)

Mata uang tertinggi kelima ada pada Poundsterling yang menjadi mata uang terkuat di Benua Eropa sekaligus sebagai mata uang dengan nilai tertinggi di dunia di urutan kelima.

Dalam sejarahnya, poundsterling pernah menjadi mata uang tertinggi sebelum digeser oleh 4 negara yang pernah jadi koloninya. Untuk setiap £1 bernilai sama dengan US$1,33 atau Rp18.715.

6. Dollar Kepulauan Cayman (KYD)

Mata uang tertinggi kelima jatuh pada Kepulauan Cayman atau Cayman Island. Apabila disetarakan nilai KYD 1 sama dengan US$1,3 atau sama dengan Rp17.000. Kepulauan Cayman selama ini dikenal sebagai negara surga pajak dan salah satu pusat keuangan lepas pantai paling dominan di dunia. Negara ini jadi tempat orang-orang kaya dan perusahaan-perusahaan besar dunia menempatkan uangnya.

7. Euro Uni Eropa (EUR atau & euro)

Di posisi nomor tujuh, mata uang tertinggi dipegang oleh Euro dan nilai tukarnya di atas dollar Amerikan Serikat. Untuk setiap €1 sama dengan US$1,18 atau jika dirupiahkan saat ini nilainya sama dengan Rp16.850.

Demikianlah ulasan tujuh mata uang tertinggi yang berada di atas dollar. Apabila kita sebelumnya hanya mengenal dollar sebagai nilai tukar paling atas, maka masih ada mata uang lainnya yang bisa mengalahkan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait