6 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Dinar Kuwait Posisi Pertama

Image title
4 April 2022, 13:13
Ilustrasi. Mata uang tertinggi di dunia, Dinar Kuwait.
Pexels/PURPLE24
Ilustrasi. Mata uang tertinggi di dunia, Dinar Kuwait.

Nilai mata uang dan nilai tukar memiliki efek besar pada daya beli individu, institusi, dan perusahaan. Hal tersebut penting karena harga satu mata uang erat kaitannya dengan mata uang lain dan berperan untuk menentukan kesehatan ekonomi suatu negara dan kesejahteraan masyarakatnya.

Nilai mata uang ditentukan oleh penawaran dan permintaan agregat. Penawaran dan permintaan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk suku bunga, inflasi, aliran modal, dan jumlah uang beredar. Metode yang paling umum untuk menilai mata uang adalah melalui nilai tukar.

Advertisement

Mata uang dapat menjadi tinggi karena peningkatan jumlah uang yang membuat denominasi lebih murah bagi investor asing. Biasanya, negara dengan tingkat inflasi yang lebih rendah menunjukkan nilai mata uang yang meningkat secara konsisten.

Mengutip Forex, saat ini peringkat mata uang tertinggi di dunia diraih oleh Dinar Kuwait atau KWD. Kekuatan Dinar Kuwait terletak pada ekonomi Kuwait yang sangat kuat dan stabil dari pengelolaan sektor tanah dan industri minyak.

Selengkapnya, simak profil mata uang tertinggi di dunia berikut ini.

1. Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait menempati posisi pertama sebagai mata uang tertinggi di dunia. Dari data Google Finance, satu KWD setara dengan Rp 47.201 per 4 April 2022. Kekuatan mata uang Kuwait bergantung pada kekuatan Kuwait di pasar minyak dan gas.

Kuwait merupakan salah satu pengekspor minyak terbesar di dunia dengan banyak cadangan di seluruh negeri. Mengutip Times Kuwait, Dinar Kuwait tidak akan terpengaruh oleh klasifikasi atau inflasi karena saat ini terdapat hampir satu triliun dolar cadangan, aset, dan emas yang mendukung kelanjutan Dinar Kuwait sebagai mata uang tertinggi di dunia.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain (BHD) adalah mata uang dengan tertinggi kedua di dunia setelah dinar Kuwait (KWD). Per 4 April 2021, satu BHD setara dengan Rp 38.068. Serupa dengan Kuwait, minyak dan gas adalah ekspor utama Bahrain yang membuat mata uangnya menjadi kuat.

Mengutip globalEDGE Michigan State University, produksi minyak dan penyulingan menyumbang lebih dari 60 % dari penerimaan ekspor Bahrain, 70 % dari pendapatan pemerintah, dan 11 % dari produk domestik bruto alias PDB.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement