Dianjurkan Nabi, Berikut 15 Manfaat Kurma Ajwa

Image title
28 Oktober 2021, 15:54
Dianjurkan Nabi, Berikut 15 Manfaat Kurma Ajwa
ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.
Pedagang kurma melayani pembeli di salah satu stan di kawasan wisata religi makam dan masjid Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/4/2021).

Sejak zaman dahulu, buah kurma memang dikenal memiliki banyak manfaat. Buah yang tumbuh di padang pasir dengan area sedikit air ini sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, konstipasi, jantung, hingga kanker.

Mengutip Kementerian Agama, di wilayah asalnya terdapat banyak jenis kurma, yakni sekitar 600 varietas. Karena beberapa faktor, jenis kurma tertentu dijual dengan harga fantastis.

Abu Dhabi Food Control Authority (ADFCA) menyatakan jenis, bentuk, ukuran, dan kelangkaan berperan dalam menentukan harga kurma. Salah satu yang termahal adalah kurma ajwa.

Kurma ajwa pertama kali ditanam oleh Rasulullah SAW di sebelah Masjid Quba, Madinah. Sejak saat itu buah ini identik dengan sebutan “Kurma Nabi”. Dalam hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Nabi SAW bersabda:

“Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dalam Al Quran dan hadits lainnya Nabi  SAW juga pernah menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi kurma. Rasulullah SAW menyarankan para istri yang tengah hamil untuk makan buah kurma supaya kelak anak-anak mereka menjadi orang yang penyabar, cerdas, dan bersopan santun.

Lalu, bagaimana sebenarnya kandungan nutrisi pada kurma ajwa?

Tak kalah dengan kurma pada umumnya, mengutip Carb Manager, kurma ajwa mengandung banyak nutrisi, di antaranya serat, protein, kalsium, gula, magnesium, zat besi, fosfor, zinc, kalium, selenium, vitamin B1, B2, B3, dan B6.

Manfaat Kurma Ajwa

Mengutip Bateel, Life ini Saudi Arabia, dan laman terkait lainnya, berikut manfaat buah kurma ajwa untuk kesehatan:

1. Menyehatkan jantung

Mengonsumsi kurma ajwa secara teratur dapat menghentikan penyempitan pembuluh darah serta memperkuat dan meningkatkan fungsi jantung. Vitamin B yang terkandung pada kurma ajwa berperan penting dalam menghilangkan kadar homosistein yang berbahaya dalam tubuh.

Di samping itu, kandungan magnesium dalam buah berciri hitam pekat ini dapat membantu menjaga ritme jantung.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Jenis kurma ini kaya akan fosfor dan kalsium yang dapat menunjang kesehatan tulang dan gigi. Kurma ajwa dikenal ampuh mengatasi kekurangan kalsium dalam tubuh. Selain itu, sejumlah besar mineral dalam kurma ini efektif memperkuat tulang dan menangkal berbagai penyakit yang mengancam.

3. Tidak mengakibatkan peningkatan gula darah

Kurma ajwa mengandung sejumlah besar gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat meningkatkan energi. Di samping itu, buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak mengakibatkan peningkatan gula darah yang signifikan.

4. Meningkatkan sistem imun

Kurma dengan rasa manis-asam ini berfungsi sebagai sumber antioksidan yang baik. Selenium dan nutrisi lain yang terkandung dalam kurma ajwa dapat mencegah terjadinya kanker.

Mengonsumsi kurma ajwa secara rutin dengan jumlah yang pas dapat membantu memperbaki fungsi sistem kekebalan tubuh sekaligus menangkal berbagai infeksi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...