8 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Berdasarkan Studi

Image title
10 November 2021, 09:13
Ilustrasi daging ikan salmon
Pexels/Nothing Ahead
Ilustrasi daging ikan salmon

Ikan salmon (Oncorhynchus nerka) merupakan jenis ikan yang hidup di laut. Ini adalah ikan penuh rasa dengan daging yang sangat berwarna-warni, mulai dari oranye hingga merah tua serta memiliki rasa yang sangat khas.

Kandungan ikan salmon bergantung pada habitatnya. Menurut publikasi dalam jurnal Environmental Research, ikan salmon hasil budidaya memiliki kadar asam lemak omega-6 yang lebih tinggi daripada salmon liar.

Advertisement

Sedangkan untuk asam omega-3 jenis asam eikosapentaenoat (EPA), ikan salmon hasil budidaya maupun liar memiliki kadar yang sebanding. Tetapi, ikan salmon hasil budidaya memiliki kadar asam omega-3 jenis asam dokosaheksaenoat (DHA) yang lebih rendah daripada salmon liar.

Salmon hasil budidaya memiliki tekstur yang berlemak, sedangkan salmon liar memiliki tekstur yang lebih ramping dan rasa yang lebih kompleks, sehingga tidak boleh dimasak terlalu matang.

Menurut publikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor dalam Himagizi.lk.ipb.ac.id, ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, vitamin B, vitamin D, niasin, fosfor, dan protein yang tinggi.

Kandungan salmon berkontribusi untuk kesehatan tubuh. Simak manfaat ikan salmon untuk kesehatan selengkapnya berikut ini.

1. Salmon kaya akan asam lemak omega-3

Manfaat ikan salmon terletak pada kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Menurut publikasi Universitas Harvard dalam Hsph.harvard.edu, asam lemak omega-3 adalah jenis lemak yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh.

Manfaat asam lemak omega-3 berfungsi membantu dalam pembuatan hormon yang mengatur pembekuan darah, kontraksi dan relaksasi dinding arteri, dan peradangan. Ini juga mengikat reseptor dalam sel yang mengatur fungsi genetik.

Fungsi tersebut telah terbukti membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, membantu mengendalikan lupus, eksim, dan rheumatoid arthritis, serta dapat berperan protektif terhadap kanker dan kondisi lainnya.

2. Menjaga kesehatan kulit

Ikan salmon memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena kandungan asam lemak omega-3. Dalam jurnal Journal of Cutaneous Medicine and Surgery, peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 berfungsi untuk:

  • Memperbaiki kondisi kulit yang mengalami inflamasi.
  • Pengobatan untuk membantu jerawat dengan mengurangi jumlah lesi inflamasi.
  • Menurunkan insiden kanker kulit.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Omega-3 dari ikan dan minyak ikan direkomendasikan oleh American Heart Association (AHA) untuk mengurangi insiden kardiovaskular, seperti serangan jantung atau stroke. Karena ikan salmon mengandung omega-3, maka orang dengan penyakit jantung dapat mengonsumsinya untuk meningkatkan kesehatan.

Menurut penelitian Alyson Kelley-Hedgepeth, MD yang diterbitkan dalam Health.harvard.edu, suplemen omega-3 menurunkan kadar trigliserida darah dan mengurangi jumlah serangan jantung dan stroke.

Omega-3 juga mengurangi kebutuhan prosedur stenting jantung untuk membuka arteri tersumbat, serta menurunkan kematian.

4. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Ikan salmon adalah makanan sehat untuk ibu hamil. Studi dalam Reviews in Obstetrics and Gynecology menjelaskan, konsumsi asam lemak omega-3 selama kehamilan penting untuk perkembangan otak dan retina janin.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement