15 Manfaat Brotowali dan Cara Mengolahnya yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
8 November 2021, 09:50
Gambar daun dan batang brotowali yang kaya manfaat bagi kesehatan
klikdokter.com
Gambar daun dan batang brotowali yang kaya manfaat bagi kesehatan

Brotowali atau ada juga yang menyebutnya antawali merupakan tanaman yang biasanya digunakan sebagai obat herbal. Tanaman ini terkenal dengan rasa yang pahit. Tanaman bernama latin Tinospora cripsa banyak ditemukan di Asia Tenggara dan India bagian timur laut. Tanaman ini dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Kandungan Brotowali

Tanaman obat tradisional ini memiliki kandungan senyawa aktif yang berperan penting untuk kesehatan. Mengutip dari alodokter.com, berikut beberapa kandungan yang terdapat dalam brotowali.

  • Zinc
  • Zat besi
  • Tembaga
  • Flavonoid
  • Alkaloid
  • Glikosida
  • Tanin
  • Steroid
  • Terpenoid

Manfaat Brotowali untuk Kesehatan

Senyawa aktif yang terkandung dalam tanaman ini membuatnya memiliki beragam manfaat. Melansir hellosehat.com, alodokter.com, sehatq.com, dan gooddoctor.co.id, berikut beberapa manfaat brotowali untuk kesehatan.

1. Menurunkan darah tinggi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan dalam brotowali diketahui bisa menurunkan darah tinggi. Kandungan antioksidan dalam jamu ini juag diketahui bisa melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Mengontrol gula darah

Manfaat berikutnya dari tanaman antawali yaitu dapat menjaga kadar gula dalam darah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa tanaman ini bisa merangsang produksi insulin yang berasal dari sel beta di pangkreas. Selain itu, obat tradisional ini juga bisa meningkatkan penyerapan gula oleh otot. Dengan demikian, antawali dapat digunakan untuk mencegah risiko diabetes.

3. Mengatasi gangguan pada kulit

Brotowali juga dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit, misalnya kudis. Tanaman ini bisanya digunakan sebagai obat luas. Kandungan antioksidan dan antiradikal yang ada dalam tanaman ini terbukti bisa mengobati penyakit kulit.

4. Mengatasi alergi

Manfaat brotowali selanjutnya yaitu bisa menjadi obat alergi. Ekstrak tanaman ini diketahui bisa mengurangi bersin dan hidung gatal akibat alergi. Tak hanya itu, antawali juga biasanya digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat.

5. Meningkatkan imun tubuh

Sama halnya dengan tanaman herbal lain, Tinospora cripsa juga bisa dimanfaakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tanaman ini mengandung antioksidan, vitamin C, dan kelengkapan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Dengan demikian, imun tubuh bisa meningkat dan tubuh terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

6. Mengatasi peradangan

Brotowali diketahui memiliki sifat antiradang alami. Hal tersebut membuat tanaman obat ini bisa digunakan untuk mengatasi radang sepert nyeri tubuh dan demam.

7. Membunuh bakteri dan jamur patogen

Penyakit bisa saja disebabkan oleh kehadiran mikroorganisme yang menurkan penyakit, misalnya jamur dan bakteri. Tanaman Tinospora cripsa memiliki kandungan zat kimia yang bersifat antibakteri dan antijamur.

Hasil sebuah penelitian menunjukan bahwa ekstrak tanaman ini dapat membunuh bakter dan jamur penyebab infeksi. Meskipun demikian, penelitian tersebut masih perlu pengembangan lebih lanjut.

8. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat brotowali untuk kesehatan lainnya yakni bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Tanaman ini mengandung kalsium dan fosfor yang berperan penting untuk menguatkan tulang dan sendi. Kandungan antioksidan dalam obat herbal ini juga bisa mencegah osteoporosis dan osteoartritis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...