Memahami Prinsip dan Ciri-ciri Koperasi di Indonesia

Image title
12 November 2021, 14:55
Ilustrasi transaksi dari ciri-ciri koperasi
Pexels.com (Karolina Grabowska)
Ilustrasi transaksi

Kehadiran koperasi di Indonesia menjadi salah satu awal tonggak perjalanan ekonomi di negara dengan masyarakat agraris ini. Meski secara konsep koperasi di Indonesia diadopsi dari luar negeri namun secara bentuk dan ciri-ciri koperasi memiliki keunikan tersendiri.

Salah satu keunikan dari koperasi adalah asas kekeluargaan yang dibangun dari prinsip Pancasila yang berdasarkan pada Persatuan Indonesia. Untuk menjelaskan mengenai ciri-ciri koperasi akan dimulai dari pengertian, sejarah hingga ciri-ciri koperasi.

Pengertian Koperasi

Mengutip Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992, koperasi memiliki makna yaitu sebuah badan usaha yang beranggotakan sekumpulan orang yang kegiatannya berlandaskan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berasas kekeluargaan.

Tidak hanya sampai disitu saja, ada makna juga yang dicetuskan oleh Bapak Proklamator dan wakil presiden Indonesia pertama Mohammad Hatta. Menurutnya, koperasi adalah suatu jenis badan usaha bersama yang menggunakan asas kekeluargaan dan gotong royong.

Ditilik dari dua makna tersebut dapat disimpulkan bahwa kehadiran koperasi merupakan asas tonggak dalam tolong menolong bangsa ini. Selain itu, sebagai upaya perbaikan dari segi ekonomi dan kesejahteraan rakyat secara keseluruhan. Itulah sebabnya eksistensi koperasi tetap bertahan hingga kini.

Sejarah Koperasi di Indonesia

Salah satu catatan sejarah menyebut bahwa koperasi dicetuskan di Inggris. Koperasi yang pertama kali didirikan pada tahun 1844 di kota Rochdale. Didirikan oleh 28 anggota, koperasi ini dapat bertahan dan dianggap sukses karena didasari oleh kebersamaan yang kuat dan kemauan untuk menjalankan usaha.

Para anggotanya duduk bersama untuk bermusyawarah guna menyusun langkah agar dapat menghasilkan sebuah satuan usaha yang bisa dijalankan bersama. Bahkan, mereka membuat pedoman kerja dan Standard Operational Procedure (SOP). Semua itu mereka lakukan agar dapat mewujudkan visi dan cita-cita mereka. Akhirnya terbentuklah Rochdale Equitable Pioneers Cooperative Society.

Pada awalnya, mereka mendapatkan banyak hujatan dari banyak pihak. Namun, mereka mampu membuktikan bahwa toko yang mereka kelola dapat berkembang dengan baik. Adapun prinsip-prinsip yang mereka pakai dalam koperasi tersebut, yaitu:

  • Keanggotaan yang sifatnya terbuka.
  • Pengawasan yang sifatnya demokratis.
  • Bunga terbatas yang bermodal dari sesama anggota.
  • Sisa hasil usaha dibagi berdasarkan besarnya kontribusi pada koperasi.
  • Penjualan barang-barang disesuaikan dengan harga pasar yang berlaku dan pembayaran harus tunai.
  • Tidak ada diskriminasi dalam suku bangsa, ras, agama, dan aliran politik.
  • Barang-barang yang diperjualbelikan merupakan barang-barang yang asli, bukan barang rusak, dan palsu
  • Anggota menerima edukasi secara berkesinambungan.

Seiring berjalannya waktu, koperasi pun tiba di Indonesia dibawa oleh para pedagang dan bumiputera yang sekolah di luar negeri. Adapun secara konsep dan badan usaha koperasi pertama kali diperkenalkan oleh sosok tokoh yang bernama Patih R.Aria Wiria Atmaja pada tahun 1896, dengan melihat banyak pegawai negeri yang tersiksa dan menderita akibat bunga yang terlalu tinggi dari rentenir yang memberikan pinjaman uang.

Mengamati penderitaan para bawahannya, Patih R.Aria Wiria Atmaja lalu mendirikan Bank untuk para pegawai negeri. Dia mengadopsi sistem serupa dengan yang ada di jerman yakni mendirikan koperasi kredit. Koperasi ini membantu orang-orang agar tidak lagi berurusan dengan renternir yang pasti akan memberikan bunga yang tinggi.

Usul dan ide brilian tersebut direspons oleh seorang asisten residen Belanda bernama De Wolffvan Westerrode. Setelah mengunjungi Jerman De Wolffvan Westerrode, dia menganjurkan akan mengubah Bank Pertolongan Tabungan yang sudah ada menjadi Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...