10 Wisata Pantai Jogja di Kabupaten Gunung Kidul

Image title
17 November 2021, 12:55
Pantai Kesirat, salah satu wisata pantai Jogja
Instagram/adhe_aditya
Pantai Kesirat, salah satu wisata pantai Jogja

Kabupaten Gunung Kidul yang terletak di Yogyakarta memiliki deretan pantai yang memukau. Keindahannya terlihat dari pasir dan laut yang bersih serta perbukitan di sekitar. Kelompok pantai ini diberi nama Pantai Selatan karena terletak di perairan selatan Jawa.

Pantai Selatan terdiri dari berbagai pantai dengan akses berbeda-beda. Letaknya yang menghadap ke Samudera Hindia membuat pantai-pantai tersebut memiliki arus air laut yang berbahaya, sehingga pengunjung tidak boleh berenang sembarangan.

Advertisement

Destinasi wisata pantai Jogja menawarkan keelokan yang asri. Daya tarik pantai Jogja mampu memikat wisatawan nusantara maupun mancanegara. Jika Anda berencana berkunjung, simak rekomendasi wisata pantai Jogja berikut ini.

1. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput menyajikan hamparan pasir putih yang bersih. Birunya laut dengan deburan ombak mempercantik keindahan pantai ini. Tebing-tebing sekitar yang megah tampak menghiasi bibir pantai.

Fasilitas di Pantai Ngrumput meliputi toilet, toko, musala, tempat pengisisan daya, dan persewaan alat kemah. Pengunjung yang tertarik dapat bermalam di pinggir pantai dengan menyewa tenda dan perlengkapan lain. Dari area parkir diperlukan perjalanan dengan kaki selama 15-20 menit untuk tiba di pantai.

2. Pantai Midodaren

Akses menuju Pantai Midodaren cukup sulit karena melalui jalan berbatu. Namun, keindahan pantai ini sangat memukau. Di pinggir pantai terdapat bebatuan yang menampung air sehingga pengunjung dapat bermain.

Sayangnya, kawasan Pantai Midodaren masih cukup sepi sehingga belum ada fasilitas toilet, mushola, dan sebagainya. Tempat sampah juga tidak disediakan. Meski demikian, Pantai Midodaren ini cukup tersembunyi jadi wisatawan bersantai serasa di pantai privat.

3. Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang dikelilingi tebing-tebing yang besar dan curam. Namun, justru itu yang menjadi daya tarik utamanya.

Spot foto populer adalah di antara dua tebing besar yang dibelah oleh pantai. Terdapat pendopo dengan atap jerami sebagai tempat istirahat. Bebatuan di Pantai Watu Lawang adalah daya tarik utama untuk menjadi latar foto. Pasirnya juga putih dan bersih.

Ombak di sini cukup tinggi, sehingga pengunjung harus berhati-hati ketika mendekati bibir pantai. 

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi di Gunung Kidul. Pantai ini memiliki beragam toko yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung dapat bersantai di tikar dengan naungan payung warna-warni.

Area sekitar Pantai Indrayanti dipenuhi penginapan. Pengunjung yang tertarik dapat mencoba bermalam di sini. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung jenis penginapan.

5. Pantai Kesirat

Berbeda dari pantai-pantai sebelumnya, di Pantai Kesirat tidak terdapat pasir. Pantai ini terletak di tebing yang berbatasan langsung dengan pantai. Pantai Kesirat cocok digunakan sebagai lokasi berkemah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement