10 Wisata Pantai Jogja di Kabupaten Gunung Kidul

Wisata pantai Jogja selalu menarik untuk dikunjungi. Indahnya laut dengan pantai yang bersih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.
Image title
17 November 2021, 12:55
Pantai Kesirat, salah satu wisata pantai Jogja
Instagram/adhe_aditya
Pantai Kesirat, salah satu wisata pantai Jogja

Kabupaten Gunung Kidul yang terletak di Yogyakarta memiliki deretan pantai yang memukau. Keindahannya terlihat dari pasir dan laut yang bersih serta perbukitan di sekitar. Kelompok pantai ini diberi nama Pantai Selatan karena terletak di perairan selatan Jawa.

Pantai Selatan terdiri dari berbagai pantai dengan akses berbeda-beda. Letaknya yang menghadap ke Samudera Hindia membuat pantai-pantai tersebut memiliki arus air laut yang berbahaya, sehingga pengunjung tidak boleh berenang sembarangan.

Destinasi wisata pantai Jogja menawarkan keelokan yang asri. Daya tarik pantai Jogja mampu memikat wisatawan nusantara maupun mancanegara. Jika Anda berencana berkunjung, simak rekomendasi wisata pantai Jogja berikut ini.

1. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput menyajikan hamparan pasir putih yang bersih. Birunya laut dengan deburan ombak mempercantik keindahan pantai ini. Tebing-tebing sekitar yang megah tampak menghiasi bibir pantai.

Fasilitas di Pantai Ngrumput meliputi toilet, toko, musala, tempat pengisisan daya, dan persewaan alat kemah. Pengunjung yang tertarik dapat bermalam di pinggir pantai dengan menyewa tenda dan perlengkapan lain. Dari area parkir diperlukan perjalanan dengan kaki selama 15-20 menit untuk tiba di pantai.

2. Pantai Midodaren

Akses menuju Pantai Midodaren cukup sulit karena melalui jalan berbatu. Namun, keindahan pantai ini sangat memukau. Di pinggir pantai terdapat bebatuan yang menampung air sehingga pengunjung dapat bermain.

Sayangnya, kawasan Pantai Midodaren masih cukup sepi sehingga belum ada fasilitas toilet, mushola, dan sebagainya. Tempat sampah juga tidak disediakan. Meski demikian, Pantai Midodaren ini cukup tersembunyi jadi wisatawan bersantai serasa di pantai privat.

3. Pantai Watu Lawang

Pantai Watu Lawang dikelilingi tebing-tebing yang besar dan curam. Namun, justru itu yang menjadi daya tarik utamanya.

Spot foto populer adalah di antara dua tebing besar yang dibelah oleh pantai. Terdapat pendopo dengan atap jerami sebagai tempat istirahat. Bebatuan di Pantai Watu Lawang adalah daya tarik utama untuk menjadi latar foto. Pasirnya juga putih dan bersih.

Ombak di sini cukup tinggi, sehingga pengunjung harus berhati-hati ketika mendekati bibir pantai. 

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi di Gunung Kidul. Pantai ini memiliki beragam toko yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung dapat bersantai di tikar dengan naungan payung warna-warni.

Area sekitar Pantai Indrayanti dipenuhi penginapan. Pengunjung yang tertarik dapat mencoba bermalam di sini. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung jenis penginapan.

5. Pantai Kesirat

Berbeda dari pantai-pantai sebelumnya, di Pantai Kesirat tidak terdapat pasir. Pantai ini terletak di tebing yang berbatasan langsung dengan pantai. Pantai Kesirat cocok digunakan sebagai lokasi berkemah.

Kawasan sekitar pantai juga dapat dimanfaatkan sebagai jalur trekking. Berkeliling pantai dengan hamparan perbukitan hijau dan laut yang biru adalah aktivitas menyenangkan yang dapat Anda coba.

6. Pantai Siung

Pesona Pantai Siung terlihat dari panorama laut yang terdiri dari berbagai warna biru. Spot foto di pantai ini beragam. Mulai dari dekorasi kayu, kapal nelayan, jembatan gantung, dan sebagainya.

Di atas perbukitan dekat pantai dibangun konstruksi jembatan yang bercabang sehingga pengunjung dapat berfoto dengan latar pantai. Jembatan terbuat dari bambu dan kayu aman. Terdapat pula jembatan yang menghubungkan dua tebing. Untuk melewatinya, wisatawan harus naik ke atas tebing terlebih dahulu.

Bagi penggemar olahraga panjat tebing, Pantai Siung menyediakan jalur yang dapat dipanjat. Jalur tersebut berada di tebing-tebing sekitar. 

7. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah pantai berpasir putih yang ramai dikunjungi wisatawan. Letaknya mudah dicapai dan tidak jauh dari area parkir sehingga pengunjung tidak menghabiskan waktu lama untuk tiba di pantai.

Tepian pantai ini cukup landai dan dipenuhi karang. Wisatawan dapat berburu kulit kerang yang berwarna-warni. Sekitar pantai terdapat banyak kios penjual makanan dan minuman. Ada pula penginapan untuk bermalam sambil menikmati suasana pantai.

8. Pantai Wediombo

Dibandingkan dengan yang lain, Pantai Wediombo memiliki garis pantai terpanjang dan terluas. Pantai ini menampilkan berbagai jenis lanskap, termasuk garis pantai berpasir dan bebatuan karang.

Rekomendasi aktivitas di Pantai Wediombo adalah berkemah. Selama pengunjung membawa tenda dan perlengkapan lain yang dibutuhkan, mereka bisa bermalam di area tersebut dengan nyaman. Nuansa pantainya cukup menenangkan, terutama saat matahari terbenam.

9. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran memiliki pasir putihnya halus dan ombaknya tidak begitu kasar. Fasilitas toilet dan kebersihan tersedia, serta terdapat tempat parkir yang cukup banyak. Namun, perlu dipahami bahwa akses jalan masih sangat sempit.

Di pantai ini terdapat banyak patung, misalnya patung naga dan miniatur stupa Borobudur. Uniknya, terdapat pura yang cukup besar di sini. Pengunjung dapat berfoto di depan pura. Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah bersantai dan menikmati suasana.

10. Pantai Slili

Di Pantai Slili, ada banyak fasilitas, seperti gazebo, tempat makan, bahkan villa untuk disewa. Sekitar pantai dikelilingi oleh semak-semak yang rimbun dan pohon-pohon besar. Pengunjung biasanya menikmati jalan-jalan pantai, relaksasi, dan bermain air disini.

Penduduk setempat sering datang ke pantai untuk melakukan ritual yang disebut Sedekah Laut. Mereka memberikan persembahan ke laut serta berdoa untuk kesuburan dan kemakmuran sebagai imbalannya.

Demikian rekomendasi wisata pantai Jogja yang dapat Anda kunjungi.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait