5 Obat Maag Alami dan Sederhana untuk Redakan Nyeri Lambung

Sakit maag menyebabkan nyeri pada lambung yang tidak nyaman dan dapat berbahaya jika tidak diatasi. Terdapat beberapa obat maag alami dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi penderita.
Image title
19 November 2021, 14:21
Ilustrasi penderita yang dapat mengonsumsi obat maag untuk meredakan nyeri lambung
pixabay.com
Ilustrasi penderita yang dapat mengonsumsi obat maag untuk meredakan nyeri lambung

Sakit maag merupakan masalah kesehatan yang umum dialami banyak orang. Area yang menjadi keluhan adalah sekitar perut. Sakit maag juga disebut dengan gastritis.

Menurut buku Tanya Jawab Seputar Kencing Manis (Diabetes Melitus) dan sakit Maag (Gastritis), maag adalah Bahasa Belanda yang berarti lambung. Sakit maag berarti sakit di daerah lambung.

Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan rasa nyeri pada lambung. Sedangkan istilah medis yang resmi untuk sakit maag adalah gastritis yang berarti peradangan pada gaster atau lambung. Sebenarnya, gastritis adalah istilah histopatologis (pemeriksaan menggunakan mikroskop) terhadap jaringan tubuh yang mengalami peradangan.

Dr. Ayustawati, Ph.D dalam buku Mengenali Keluhan Anda menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab sakit maag, yaitu infeksi, minuman beralkohol, konsumsi obat-obatan, reaksi alergi, dan kondisi kesehatan yang menyebabkan penurunan kekebalan tubuh.

Advertisement

Obat Maag Alami

Gastritis atau sakit maag dapat diobati dengan bahan alami. Berikut beberapa obat maag alami yang dapat dicoba untuk meredakan rasa sakit.

1. Ekstrak bawang putih

Salah satu penyebab maag adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Menurut publikasi dalam World Journal of Gastroenterology, lebih dari 50% populasi dunia terinfeksi bakteri tersebut.

Dalam Avicenna Journal of Phytomedicine dijelaskan, bawang putih mentah memiliki efek anti bakteri terhadap H. pylori yang berada di perut dan dapat digunakan sebagai obat maag alami. Komponen allicin, asam organik, karbohidrat dan vitamin dalam bawang putih berperan dalam pengobatan maag.

Penelitian menerangkan bahwa konsumsi bubuk bawang putih sebanyak empat gram dapat membunuh bakteri H. pylori. Anda juga dapat menghancurkan bawang putih mentah dan meminum ekstrak yang dihasilkan atau membeli ekstrak bawang putih yang tersedia.

2. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat kesehatan bila dikonsumsi atau diaplikasikan pada tubuh. Ini dapat ditemukan dalam yogurt dan makanan fermentasi lainnya, suplemen makanan, dan produk kecantikan.

Melansir laman Icahn School of Medicine at Mount Sinai, suplemen probiotik yang mengandung Lactobacillus acidophilus bermanfaat sebagai obat maag alami. Probiotik dikenal juga sebagai bakteri "ramah" karena membantu menjaga keseimbangan dalam sistem pencernaan/

Probiotik dapat membantu menekan infeksi H. pylori dan mengurangi efek samping dari penggunaan antibiotik. Beberapa probiotik perlu didinginkan untuk hasil terbaik. Orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, atau yang menggunakan obat penekan kekebalan, hanya dapat mengonsumsi probiotik sesuai resep dokter.

3. Madu

Madu dapat digunakan sebagai obat maag alami. Dalam buku Honey Analysis New Advances and Challenges dijelaskan, ketika mukosa usus rusak, madu membantu dalam perbaikan dan berfungsi sebagai agen anti inflamasi serta memicu pertumbuhan jaringan baru.

Madu memiliki aktivitas antibakteri terhadap H. pylori. Studi in vitro menunjukkan bahwa sekitar 20% larutan madu bersifat biosida (menghancurkan) terhadap bakteri tersebut. Melansir laman Independent, Profesor Molan menyarankan untuk mengonsumsi satu sendok teh madu Manuka dengan sedikit roti sebanyak tiga kali sehari untuk meredakan sakit maag.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat menghambat perkembangan sakit maag kronis dan mencegah kanker perut.

Dr. Zuo-Feng Zhang dalam situs UCLA Fielding School of Public Health menjelaskan hasil studi yang menunjukkan teh hijau dapat digunakan untuk mengobati gastritis kronis. Teh hijau juga bisa digunakan untuk terapi pencegahan pada penderita yang berisiko tinggi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cancer. Selain itu, teh hijau juga dapat mengurangi insiden kanker perut dalam jangka panjang. Dalam studi, penderita sakit maag kronis yang minum teh hijau tidak mengalami kambuh sebanyak orang yang tidak minum.

Peneliti menyimpulkan bahwa meningkatkan frekuensi dan durasi minum teh hijau mampu menurunkan risiko sakit maag kronis dan kanker perut.

5. Telur

Dalam kasus sakit maag akut dan dispepsia perut kembung, telur dapat dikonsumsi sebagai obat maag alami menurut buku Mrs. Rorer's Diet for the Sick. Gunakan putih telur karena lebih mudah dicerna daripada kuningnya.

Telur adalah sumber protein yang baik untuk dimakan penderita sakit maag. Hindari telur yang digoreng, dimasak dengan mentega, atau dicampur dengan keju karena dapat memperburuk lapisan perut.

Gejala dan Pencegahan Sakit Maag

Dalam buku Mengenali Keluhan Anda oleh Dr. Ayustawati, Ph.D, gejala sakit maag meliputi:

  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sakit ulu hati.
  • Mual kadang disertai muntah.
  • Cegukan.
  • Gejala kronis seperti muntah darah, tinja hitam, dan sebagainya.

Merujuk publikasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng, ada gejala sakit maag parah yang perlu ditangani oleh dokter. Gejala tersebut meliputi:

  • Rasa sakit perut membuat pasien tidak bisa berdiri tegak.
  • Nafsu makan hilang sehingga berat badan turun drastis.
  • Kesulitan untuk menelan (disfagia).
  • Sering muntah, bahkan mengalami muntah darah berwarna merah kecokelatan.
  • Feses berwarna hitam.
  • Nyeri dada selama Anda melakukan aktivitas.
  • Sesak napas dan terus berkeringat.
  • Warna kulit, kuku, atau putih mata menguning.

Selain minum obat maag, penderita perlu mengubah kebiasaan yang menyebabkan sakit maag. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

  • Makan teratur. Telat makan dapat mengacaukan siklus keasaman dalam lambung.
  • Menjaga diet dengan mengurangi jenis makanan penyebab iritasi lambung, seperti makanan yang terlalu pedas atau asam.
  • Berhenti konsumsi alkohol.
  • Berhati-hati dalam mengonsumsi obat tertentu, seperti obat penghilang rasa sakit yang dapat menimbulkan efek samping bagi penderita maag.
  • Mengurangi stres.
  • Menghindari berbaring setelah makan. Beri jeda minimal dua jam setelah makan sebelum berbaring atau tidur. Ubah posisi tidur agar kepala agak lebih tinggi.

Demikian pembahasan mengenai obat maag alami serta gejala dan pencegahannya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait