5 Obat Maag Alami dan Sederhana untuk Redakan Nyeri Lambung

Image title
19 November 2021, 14:21
Ilustrasi penderita yang dapat mengonsumsi obat maag untuk meredakan nyeri lambung
pixabay.com
Ilustrasi penderita yang dapat mengonsumsi obat maag untuk meredakan nyeri lambung

Sakit maag merupakan masalah kesehatan yang umum dialami banyak orang. Area yang menjadi keluhan adalah sekitar perut. Sakit maag juga disebut dengan gastritis.

Menurut buku Tanya Jawab Seputar Kencing Manis (Diabetes Melitus) dan sakit Maag (Gastritis), maag adalah Bahasa Belanda yang berarti lambung. Sakit maag berarti sakit di daerah lambung.

Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan rasa nyeri pada lambung. Sedangkan istilah medis yang resmi untuk sakit maag adalah gastritis yang berarti peradangan pada gaster atau lambung. Sebenarnya, gastritis adalah istilah histopatologis (pemeriksaan menggunakan mikroskop) terhadap jaringan tubuh yang mengalami peradangan.

Dr. Ayustawati, Ph.D dalam buku Mengenali Keluhan Anda menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab sakit maag, yaitu infeksi, minuman beralkohol, konsumsi obat-obatan, reaksi alergi, dan kondisi kesehatan yang menyebabkan penurunan kekebalan tubuh.

Obat Maag Alami

Gastritis atau sakit maag dapat diobati dengan bahan alami. Berikut beberapa obat maag alami yang dapat dicoba untuk meredakan rasa sakit.

1. Ekstrak bawang putih

Salah satu penyebab maag adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Menurut publikasi dalam World Journal of Gastroenterology, lebih dari 50% populasi dunia terinfeksi bakteri tersebut.

Dalam Avicenna Journal of Phytomedicine dijelaskan, bawang putih mentah memiliki efek anti bakteri terhadap H. pylori yang berada di perut dan dapat digunakan sebagai obat maag alami. Komponen allicin, asam organik, karbohidrat dan vitamin dalam bawang putih berperan dalam pengobatan maag.

Penelitian menerangkan bahwa konsumsi bubuk bawang putih sebanyak empat gram dapat membunuh bakteri H. pylori. Anda juga dapat menghancurkan bawang putih mentah dan meminum ekstrak yang dihasilkan atau membeli ekstrak bawang putih yang tersedia.

2. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat kesehatan bila dikonsumsi atau diaplikasikan pada tubuh. Ini dapat ditemukan dalam yogurt dan makanan fermentasi lainnya, suplemen makanan, dan produk kecantikan.

Melansir laman Icahn School of Medicine at Mount Sinai, suplemen probiotik yang mengandung Lactobacillus acidophilus bermanfaat sebagai obat maag alami. Probiotik dikenal juga sebagai bakteri "ramah" karena membantu menjaga keseimbangan dalam sistem pencernaan/

Probiotik dapat membantu menekan infeksi H. pylori dan mengurangi efek samping dari penggunaan antibiotik. Beberapa probiotik perlu didinginkan untuk hasil terbaik. Orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, atau yang menggunakan obat penekan kekebalan, hanya dapat mengonsumsi probiotik sesuai resep dokter.

3. Madu

Madu dapat digunakan sebagai obat maag alami. Dalam buku Honey Analysis New Advances and Challenges dijelaskan, ketika mukosa usus rusak, madu membantu dalam perbaikan dan berfungsi sebagai agen anti inflamasi serta memicu pertumbuhan jaringan baru.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...