7 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

Image title
29 Juli 2021, 11:19
Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit
EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels
Ilustrasi penggunaan teh hijau untuk wajah dan kulit

Teh hijau dikonsumsi sebagian besar di negara-negara Asia, termasuk India, Jepang, Korea, dan Cina tapi mungkin tidak sepopuler teh hitam, yang dikonsumsi oleh lebih dari 75% peminum teh. Seperti teh hitam, teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis tetapi daunnya tidak difermentasi sebelum dikukus dan dikeringkan sehingga tetap segar dan hijau.

Konsumsi teh hijau dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Ekstrak teh hijau populer dalam berbagai produk perawatan kulit karena memiliki banyak manfaat. Teh hijau mengandung berbagai antioksidan dan nutrisi lainnya. Salah satu kandungan antioksidan yang paling efektif dalam teh hijau dikenal sebagai epigallocatechin gallate (EGCG).

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis, menurunkan berat badan, serta memiliki manfaat untuk kulit.

Apa saja manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit? Ini penjelasannya.

1. Mencerahkan kulit

Teh hijau memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Tidak seperti teh hitam, teh hijau mengandung vitamin C yang dikenal dapat menghambat produksi melanin di kulit sehingga membantu melawan noda hitam, meratakan warna kulit, dan meningkatkan kecerahan kulit.

Teh hijau dapat membantu meringankan bintik hitam dan noda pada kulit sehingga baik untuk perawatan kulit. Ini lembut di kulit dan juga bisa mengurangi peradangan. Gunakan teh hijau secara teratur untuk kulit yang lebih baik. Campuran antioksidan yang kuat ini dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang segar dan bercahaya.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Pusat Medis Universitas Maryland menyatakan teh hijau kaya akan bahan kimia epigallocatechin gallate (ECGC) yang merupakan salah satu senyawa katekin paling kuat. Salah satu efek samping dari jerawat adalah peradangan yang dapat menyebabkan luka pada kulit sehingga timbul bekas jerawat. Para peneliti mengungkapkan bahwa konsumsi atau mengoleskan teh hijau atau ekstrak teh hijau dapat membantu memperbaiki kemerahan dan kulit yang teriritasi yang disebabkan oleh jerawat.

3. Melindungi dari kanker kulit

Teh hijau mengandung polifenol dan epigallocatechin gallate (EGCG) yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat membahayakan tubuh, kesehatan, dan kulit sehingga menyebabkan kerusakan sel, termasuk kanker kulit.

Menurut sebuah studi tahun 2010 dalam jurnal Archives of Biochemistry dan Biopysics, kekuatan antioksidan EGCG dalam teh hijau dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari sehingga membantu melindungi Anda dari kanker kulit.

4. Melawan penuaan dini

Sebuah studi tahun 2003 oleh Medical College Of Georgia menunjukkan bahwa antioksidan EGCG yang berlimpah dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit yang mulai menua.

Dengan melindungi dan memperbaiki sel-sel Anda, antioksidan dalam teh hijau dapat melawan penuaan dan membuat kulit kusam terlihat lebih sehat. Vitamin B2 dalam teh hijau juga dapat membuat kulit Anda terlihat lebih awet muda karena memiliki kemampuan untuk mempertahankan kadar kolagen, yang dapat membuat kulit kencang.

5. Mengurangi kemerahan dan iritasi

Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi karena mengandung polifenol yang tinggi. Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...