7 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Jantung hingga Kulit

Image title
8 Desember 2021, 12:27
Ilustrasi petani mengambil manfaat daun bawang
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Petani menyiangi ladang daun bawang prei di Nagari Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (10/2/2021). Menurut petani, harga bawang daun prei di tingkat petani naik menjadi Rp4.500 per kilogram dari sebelumnya Rp3.000 per kilogram.

Salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah daun bawang. Jenis sayuran ini masuk dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Dalam masakan Indonesia, daun bawang bisa ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sup, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto.

Daun bawang memiliki banyak varian. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium cepa). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang prei juga disebut sebagai daun bawang.

Dalam setiap sajian, daun bawang selalu menjadi pelengkap akhir dari setiap hidangan dan membuat warna pada setiap makanan yang disajikan. Manfaat daun bawang sekilas terlihat sepele dan hanya dijadikan tambahan pada hidangan saja.

Kandungan Nutrisi dalam Daun Bawang

Khasiat daun bawang berasal dari aneka ragam kandungan serat, asam folat, kalsium, dan vitamin C cukup tinggi di dalamnya. Kandungan daun bawang berisi nutrisi seperti:

  • Vitamin K
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B2
  • Potasium (kalium)

Aneka Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

Dari beragam nutrisi dalam setiap helai daun bawang, bisa menimbulkan manfaat daun bawang untuk kesehatan mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Berikut manfaat daun bawang yang dikutip dari situs informasi kesehatan SehatQ.com:

1. Mengandung Tinggi Antioksidan

Banyak orang mengira kandungan antioksidan tertinggi hanya ada di dalam daun teh hijau. Namun kenyataannya, daun bawang juga memiliki berbagai senyawa antioksidan yang bagus untuk membantu menangkal radikal bebas yang memicu penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan sebagainya.

Ada beragam antioksidan yang membentuk manfaat daun bawang untuk kesehatan adalah polifenol, senyawa belerang, zeaxanthin, dan lutein. Senyawa zeaxanthin dan lutein sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata.

2. Menjadi Tameng Pelindung Organ Jantung

Manfaat daun bawang selanjutnya adalah menjadi pelindung organ jantung. Karena daun bawang ditemukan memiliki komposisi yang serupa dengan bawang putih dan bawang bombay yang mampu menurunkan peradangan dan menjaga kesehatan jantung.

Organ jantung bisa mendapat manfaat daun bawang karena ada kandungan senyawa allicin yang dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan dua kondisi yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Membantu Proses Diet

Bagi orang yang hendak diet atau menurunkan berat badan maka bisa dengan menggunakan manfaat daun bawang. Hal itu didukung dengan khasiat daun bawang dalam menurunkan berat badan didukung dengan kandungan kalorinya yang rendah.

Dalam setiap 100 gram daun bawang ditemukan hanya mengandung 31 kalori saja. Daun bawang juga mengandung air dan serat yang membantu mengatasi rasa lapar dan menimbulkan rasa kenyang.

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ada kandungan senyawa kaempferol dalam daun bawang ditemukan berpotensi mengurangi peradangan, untuk mencegah perkembangan sel kanker, dan membunuh sel kanker. Khasiat tersebut masih memerlukan riset lebih lanjut dan masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat daun bawang yang satu ini.

Advertisement

5. Memperlancar Proses Pencernaan

Manfaat daun bawang berikutnya yaitu memperkuat dan memperbaiki kesehatan pencernaan. Salah satu kandungan serat dalam daun bawang membantu untuk melancarkan pencernaan dan dapat menjadi prebiotik atau sumber makanan bagi bakteri baik dalam pencernaan. Kesehatan pencernaan yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Tidak hanya itu, faktor pendorong manfaat daun bawang untuk kesehatan pencernaan karena ada kandungan sekitar 10% serat yang dibutuhkan sepanjang hari. Kandungan serat ini dapat membantu menjaga pencernaan tetap sehat, mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol.

6. Mengobati Infeksi

Sebuah riset yang dirilis dalam jurnal Mini-Reviews in Medicinal Chemistry menjelaskan bahwa senyawa kaempferol dalam daun bawang berpotensi untuk melindungi Anda dari infeksi jamur, virus, dan bakteri. Riset lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat daun bawang dalam melawan infeksi secara terperinci.

7. Merawat Kesehatan Kulit

Kesehatan klit akan semakin membaik dengan nutrisi dari bawang putih. Khasiat itu didukung oleh kandungan allicin. Kandungan allicin ini sangat membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Senyawa ini juga dapat mencegah kerutan dan tanda penuaan dini pada kulit.

Demikianlah tujuh manfaat daun bawang untuk kesehatan. Namun ada yang harus menjadi catatan yaitu mengolahnya dengan baik sebelum dihidangkan. Anda perlu memotong dan membuang bagian akar dan ujung daun bawang. Setelahnya, Anda dapat memotong-motong daun bawang dan mencuci lapisan-lapisan daun bawang sebelum diolah atau dikonsumsi.

Untuk memperoleh manfaat daun bawang bisa dikonsumsi secara mentah ataupun memasukkannya ke dalam berbagai hidangan, seperti kuah, kukusan, dan sebagainya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait