5 Manfaat Bawang Putih Bakar untuk Kesehatan

Image title
25 November 2021, 23:52
Ilustrasi manfaat bawang putih bakar yang berkhasiat untuk tubuh
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Warga menjemur bawang putih lokal varietas Lumbu Kuning di kawasan lereng gunung Sumbing desa Legoksari, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (1/7/2020). Sebagian besar petani memilih untuk menyimpan bawang putih hasil panen tahun ini karena harga jual di tingkat petani masih rendah, yaitu untuk kualitas A hanya dihargai Rp30.000 per kilogram turun dari harga tahun sebelumnya yang mencapai Rp50.000 per kilogram.

Dalam bahasa latin bawang putih dikenal dengan Allium sativum, dan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan garlic. Secara biologis, bawang putih memiliki sejarah yang lekat dengan manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Namun, ternyata bawang putih yang telah dekat dengan peradaban manusia ribuan tahun ini bisa diolah dalam berbagai macam masakan. Salah satunya dengan dibakar. Ketika bawang putih dibakar atau dipanggang, aroma khasnya akan menyeruak, daging bawangnya akan lebih lunak, dan rasanya lebih lembut. Sehingga Anda akan merasakan sensasi makan bawang putih yang berbeda dibanding bawang putih goreng yang agak pahit atau bawang putih mentah yang rasanya sangat tajam di lidah.

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Sebelum membakar bawang putih, mari kita ketahui terlebih dahulu kandungan dari bawang putih. Sebuah penelitian mengungkap, bahwa bawang putih mengandung beragam nutrisi, seperti mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, dan serat yang baik bagi tubuh. Selain itu, bawang putih juga memiliki kalsium, copper, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1 dalam jumlah yang lebih sedikit.

Dalam 6-8 gram bawang putih, kira-kira mengandung nutrisi:

  • Kalori: 4 kal
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Protein: 0.2 gram
  • Serat: 0.1 gram
  • Mangan: 0.1 miligram
  • Vitamin C: 0.9 miligram
  • Kalsium: 5.4 miligram
  • Selenium: 0.4 mikrogram

Bawang putih juga kaya akan kandungan antioksidan, seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino yang baik untuk mencegah berbagai penyakit.

Jangan khawatir! Proses memanggang  bawang putih tidak akan merusak kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat di dalamnya seperti jika dimasak dengan cara digoreng. Anda pun dapat menikmati kelezatan bawang putih sekaligus merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Ragam Khasiat Bawang Putih Bakar

Dari kandungan gizi tersebut, dan potensi khasiat dari bawang putih tetap terjaga meski dibakar atau dipanggang ternyata berpotensi membawa beberapa khasiat, antara lain:

1. Memperkuat Imunitas Tubuh

Manfaat bawang putih bakar yang pertama adalah menajamkan sistem imunitas tubuh. Sebuah studi di laboratorium menunjukkan bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem imun sehingga Anda tidak rentan terkena penyakit tertentu.

 Dalam penelitian tersebut bahkan menemukan bahwa bawang putih memiliki senyawa untuk membunuh sel kanker tertentu, namun klaim ini masih perlu dikaji lebih lanjut lagi.

2. Mengurangi Potensi Pertumbuhan Penyakit Kardiovaskuler

Manfaat bawang putih bakar bagi kesehatan jantung adalah menstabilkan tekanan darah sehingga detak jantung normal terjaga.
Para peneliti percaya bahwa kandungan sulfur pada bawang putih bisa diubah oleh tubuh menjadi hidrogen sulfida yang dapat memperbesar pembuluh darah sehingga sel darah merah dapat mengalir dengan lebih lancar dan mencegah tekanan darah tinggi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...