Perbedaan Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif Beserta Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
9 Desember 2021, 16:59
Paragraf Induktif
Unsplash/Roman Kraft

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya ada akhir paragraf. Paragraf induktif kebalikan dari paragraf deduktif. Berdasarkan jenis-jenis paragraf dibedakan menjadi deduktif, induktif, deduktif-induktif, ineratif, dan menyebar.

Secara garis besar kalimat topik paragraf induktif berada di belakang kalimat. Untuk menjaga hubungan antar kalimat, dalam kesimpulan memakai konjungsi yang berfungsi sebagai kata penghubung antar kalimat.

Advertisement

Frasa yang dipakai dalam paragraf induktif umumnya memakai kata jadi, akhirnya, akibatnya, oleh karena itu, maka dari itu, berdasarkan uraian di atas, dan dengan demikian.

Konjungsi sebagai penghubung antar kalimat bisa diletakkan di awal memakai huruf kapital. Kata penghubung ini bisa diikuti dengan tanda baca koma.

Ciri Ciri Paragraf Induktif

  1. Diawali dengan penyebutan peristiwa khusus. Fungsi peristiwa khusus ini sebagai penjelas dan pendukung gagasan utama.
  2. Menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus.
  3. Memakai konjungsi yang berfungsi sebagai kata penghubung.
  4. Konjungsi di awal kalimat dan diikuti tanda baca koma.

Contoh Paragraf Induktif

Contoh 1

Belajar dimasa tua membutuhkan usaha yang ekstra dikarenakan daya tangkap yang dimiliki pada masa ini sudah sangat berkurang. Bahkan motivasi yang dimiliki juga sudah melemah karena terlalu banyak Belajar di masa tua membutuhkan usaha yang ekstra dikarenakan daya tangkap yang dimiliki pada masa ini sudah sangat berkurang. Bahkan motivasi yang dimiliki juga sudah melemah karena terlalu banyak.

Dari paragraf diatas menjelaskan peristiwa khusus terlebih dahulu. Kalimat diatas diawali tentang belajar dimasa tua membutuhkan usaha ekstra dikarenakan daya tangkap yang dimiliki di masa mendatang sudah sangat berkurang.

Kemudian di akhir kalimat terdapat gagasan utama yang menjelaskan kesimpulan kalimat. Akhir kalimat motivasi yang dimiliki sudah melemah karena terlalu banyak.

Contoh 2

Salju yang turun dari langit memberikan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan nuansa putih, menghasilkan pemandangan cantik dan memikat bagi penikmat keindahan. Hawa dinginnya semakin hari menggigit kawasan-kawasan yang beriklim subtropis dan sedang ini. Inilah musim dingin yang terjadi di negeri matahari terbit.

Paragraf diatas diawali dengan peristiwa khusus, yaitu salju yang turun dari langit memberikan hiasan yang indah untuk bumi.

Kalimat topik dari paragraf tersebut adalah Inilah musim dingin yang terjadi di negeri matahari terbit.

Jadi paragraf terakhir adalah pernyataan umum yang menjadi kalimat topik. Kalimat terakhir lebih argumentatif karena menjelaskan fakta, peristiwa, dan data yang ditarik menjadi kesimpulan.

Perbedaan Paragraf Deduktif Dan Paragraf Induktif

Paragraf deduktif kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Sedangkan paragraf induktif kalimat topik di akhir paragraf menjadi kesimpulan keseluruhan kalimat.

Namun beberapa paragraf deduktif bisa berupa kalimat transisi. Dalam sebuah paragraf kalimat transisi bisa berada di kalimat kedua, sehingga pembaca perlu membaca lebih teliti untuk menemukan kalimat topik.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement