Mengenal 5 Jenis Senam Irama yang bisa Dipelajari dengan Alat

Image title
16 Desember 2021, 09:50
Mengenal lima jenis senam irama yang bisa ditampilkan dengan alat dan bisa dipelajari di rumah bagi para pemula.
Pexels.com
Mengenal lima jenis senam irama yang bisa ditampilkan dengan alat dan bisa dipelajari di rumah bagi para pemula.

Selama pandemi Covid-19 aktivitas olahraga menjadi kian dimintai oleh masyarakat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk mencari antibodi alami dari dalam tubuh. Salah satu kegiatan yang paling disuka adalah senam. Adapun senam yang cukup digemari adalah senam irama.

Senam ini dikenal paling banyak diiringi dengan iringan musik dan dikanl dengan senam ritmik atau irama ini masuk ke cabang senam artistik. Pesenam yang melakukan bisa perseorangan atau kelompok. erakannya selalu memiliki koreografi yang memiliki nuansa akrobatik, tari modern, dan balet.

Banyaknya penggemar olahraga ini disebabkan gerakan senam irama yang khas. Makanya tidak heran olah raga ini masuk ke dalam olimpiade di tingkat internasional. Keberadaannya dalam olimpiade ini menjadi pembeda dalam senam aerobik. Perbedaannya yang tidak hanya dilakukan untuk sekadar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, namun juga seni keindahan dalam gerakan badan. Terlebih lagi ketika melakukan senam aerobik, biasanya akan dipandu oleh seorang pemandu senam.

Senam ini juga banyak mengadopsi teknik pada tari balet, sehingga senam ritmik ini lebih banyak digandrungi oleh para perempuan. Maka dari itu, sampai sekarang pun, gerakan senam masih identik dengan kaum perempuan, sehingga para kaum hawa lah yang banyak menggeluti senam irama.

Jenis-jenis Senam Irama

Setelah mengetahui mengenai asal mula senam irama, dan eksistensinya yang kini berada di kancah internasional. Kini masuk pada pembahasan soal jenis senam irama. Dalam praktiknya beberapa perlombaan untuk senam irama telah memakai alat bantu sebagai properti senam, seperti pita, bola, simpai, gada, dan tali. Kelima alat senam ini bisa dimainkan baik secara beregu maupun perorangan.

Berikut penjelasan mengenai ragam jenis senam irama yang menggunakan alat saat proses peragaannya yang dikutip dari Gramedia.com:

1. Senam Irama dengan Menggunakan Alat Bola

Jenis senam irama yang pertama adalah dengan menggunakan alat bola. Adapun bola yang dipakai adalah berukuran sedang, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Asalkan bola tersebut mudah dipegang, maka Anda bisa menjadikannya sebagai alat bantu saat berolahraga.

Pada umumnya bola terbuat dari karet atau plastik. Penggunaan bola dalam kompetisi juga beragam, umumnya menggunakan bola dengan diameter 18-20 cm dengan berat 400 gram. Gerakan memakai bola diantaranya adalah dengan melempar bola ke atas dan menangkapnya kembali, atau bisa dengan menggelindingkan bola ke arah pesenam.

2. Senam Irama dengan Menggunakan Alat Pita

Selanjutnya ada jenis senam irama yang menggunakan pita atau ribbons. Penggunaan pita ini berasal dari bahan yang halus seperti kain satin. Panjang pita biasanya 6 meter, belum termasuk tongkat pegangannya. Untuk berat pitanya sendiri sekitar 35 gram.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...