5 Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan Badan dan Mental

Berikut lima manfaat senam irama yang berfungsi meningkatkan performa kesehatan badan dan mental.
Image title
15 Desember 2021, 20:45
Ilustrasi manfaat senam irama yang bermanfaat bagi kesehatan badan dan mental
Pixabay
Ilustrasi manfaat senam irama yang bermanfaat bagi kesehatan badan dan mental

Sempat hilang karena pembatasan aktivitas sepanjang pandemi Covid-19, kegiatan fisik seperti senam irama mulai kembali muncul disebagian masyarakat. Senam irama yang diiringi dengan musik ini juga dikenal sebagai senam ritmik dan masuk ke cabang senam artistik.

Aktivitas senam tersebut bisa dilakukan perorangan ataupun secara berkelompok, di mana gerakannya memiliki koreografi bernuansa akrobatik, tari modern, dan balet. Bukan hal yang mengherankan kalau manfaat senam irama juga baik bagi kesehatan. 

Senam irama juga masuk dalam kategori cabang olahraga yang di olimpiadekan dan berbeda dengan senam aerobik. Mulanya, senam irama diperuntukkan bagi kaum perempuan saja. Namun, seiring perkembangannya, Jepang justru menjadi negara yang mempelopori senam irama untuk pria. Adapun pelopor senam ini awalnya berasal dari Eropa dan diprakarsai beberapa pakar di bidang seni.

Senam irama juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, tergantung pada setiap gerakan yang dilakukan. Selain itu, ada banyak adopsi gerakan senam irama yang hanya diperuntukkan bagi kaum perempuan saja. 

Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Tubuh

Ada beragam manfaat senam irama sebagai olahraga bisa dibilang bertolak belakang dengan olahraga berat seperti bersepeda, berenang, atau jogging. Olahraga tersebut membutuhkan kekuatan paru-paru dan jantung. Namun meski dalam senam irama tidak membutuhkan keduanya, banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang melakukan senam. Berikut penjebarannya yang dilansir dari Gramedia.com:

1. Melatih Kemampuan Menyeimbangkan Badan

Manfaat senam irama yang pertama adalah melatih keseimbangan badan. Melalui unsur inilah, Anda juga bisa melatih keseimbangan pada tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga postur tubuh dan meminimalkan risiko pembengkokan pada tulang belakang.

 2. Memperkuat Masa Otot

Senam irama apabila rutin dilakukan, oleh karenanya jaringan otot pada tubuh akan semakin kuat dan lentur. Hal itu disebabkan ada banyak gerakan ringan yang bisa dilakukan saat senam. Hal tersebut tentu membuat tubuh jadi lebih banyak menjangkau gerakan-gerakan.

Kemampuan asa otot akan semakin baik, saat akan lebih nyaman digerakkan. Jadi dengan senam irama, Anda memiliki kesempatan untuk mencegah tubuh mengalami cedera ketika harus melakukan banyak aktivitas atau gerakan fisik dalam kegiatan sehari-hari.

 3. Optimalisasi Fungsi Otak

Selanjutnya pada manfaat senam irama adalah pada optimalisasi kemampuan otak. Penyebabnya terletak pada senam berlangsung akan ada irama yang harus diperhatikan.

Iringan alunan musik yang menjadi irama ini dipercaya mampu menurunkan hormon yang bisa membuat stres, seperti hormon kortisol dan epinefrin. Kedua hormon tersebut nantinya akan menjadi antidepresan dalam bentuk norepinefrin.

4. Memperkuat Kesehatan Mental

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang melakukan senam irama dapat memiliki kemampuan memecahkan masalah dan fokus yang jauh lebih baik. Sehingga nilai akademik anak-anak pun akan meningkat. Kemudian bagi orang dewasa, senam ritmik ini dipercaya bisa menghilangkan stres dan menjaga kesehatan mental mereka.

5. Mendidik Anak Menjadi Lebih Luwes

Manfaat senam irama dapat dilihat dari tumbuh kembang kognitif anak-anak. Tentu udah tahu bahwa gerakan senam ini sebenarnya cukup rumit. Kesulitan tersebut karena biasanya akan menuntut elastisitas tubuh yang bagi beberapa anak perlu latihan khusus.

Sehingga ketika gerakan ini dilakukan secara rutin, dapat membantu anak mendapatkan fleksibilitas dan stabilitas, sehingga membuat otot mereka lebih kuat. Di sisi lain, dengan senam ini anak-anak juga dapat meningkatkan nafsu makan dan metabolisme tubuh.

Demikianlah empat manfaat senam irama yang bisa didapatkan bagian dari berbagai usia. Bagi para anak-anak juga akan belajar lebih percaya diri dalam bergerak dan menghargai kemampuan dirinya. Sebab gerakan senam juga tidak semuanya mudah dilakukan. Ada berbagai gerakan yang butuh latihan berkali-kali supaya nampak luwes dan anggun.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait