Negara G20, Peran dan Kontribusinya bagi Dunia

Image title
16 Desember 2021, 16:03
Negara G20
G20.org
Negara G20

Sebanyak 19 negara dan Uni Eropa menjalin hubungan multilateral lewat sebuah forum bernama Group of Twenty atau G20. Melalui forum ini, sejumlah isu terkait masalah keuangan, ekonomi global, serta isu non-keuangan lainnya akan dibahas dalam pertemuan pemimpin negara G20.

Negara G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa. Semua anggota G20 berhak atas pergantian presidensi yang ditunjuk setiap tahunnya.

Awal Mula Berdirinya G20

Presiden Joko Widodo saat penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di La Nuvola, Roma, Italia, Minggu (31/10). Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sek
Presiden Joko Widodo saat penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di La Nuvola, Roma, Italia, Minggu (31/10). Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sek (Katadata)

 

Sejarah G20 berawal dari rasa kekecewaan komunitas internasional terhadap negara G7, yang gagal dalam mencari solusi atas terjadinya krisis keuangan global antara tahun 1998-1999. Negara G7 terdiri dari Kanda, Inggris, Jerman, Jepang, Prancis, Italia dan Amerika Serikat.

Saat itu pandangan mengemuka untuk mengajak negara-negara berkembang dan negara maju lainnya, ikut serta dalam sebuah pertemuan. Membahas sekaligus mencari solusi atas krisis keuangan global saat itu.

Sampai akhirnya, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dilaksanakan pertama kali di Washington, Amerika Serikat (AS). Presiden AS saat itu George W. Bush mengundang para pemimpin negara-negara G20. Fokus utamanya untuk membahas dan melakukan koordinasi respons global terhadap dampak krisis keuangan yang saat itu tengah terjadi di AS.

Dilansir dari situs Sherpag20indonesia.ekon.go.idm usai pertemuan pertama itu pemimpin negara G20 sepakat untuk melakukan pertemuan lanjutan. Pada 1-2 April 2009, London menjadi tuan rumah (presidensi) KTT G20 kedua di bawah koordinasi Perdana Menteri Inggris Gordon Brown.

Hingga sekarang KTT G20 sering dilakukan tiap tahunnya. Tidak hanya berfokus pada isu respons terhadap krisis keuangan atau isu perdagangan, saat ini forum G20 juga membahas sektor non-keuangan. Dalam mekanismenya setiap pertemuan G20 akan dibagi menjadi dua jalur yakni finance track dan Sherpa track. Pembentukan G20 sendiri tidak hanya sebatas forum seremonial belaka. Lebih dari itu, ada sejumlah peran nyata yang sudah dikerjakan oleh setiap negara G20.

Negara G20

G20
G20 (123RF)

 

Negara G20 adalah anggota dari Group of Twenty. G20 merupakan forum yang begitu strategis. G20 bisa mewakili lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80%  Produk Bruto Dunia (PDB) dunia.

Syarat menjadi anggota G20, sebenarnya tidak ada kriteria tertentu. Akan tetapi, ada satu hal yang dipahami bersama. Negara G20 perlu memberikan dampak dan berkontribusi pada perekonomian dunia serta menjaga stabilitas keuangan dunia.

Negara G20 adalah negara yang masuk 20 besar ekonomi dunia. Hal ini bisa terindikasi dari PDB setiap anggota G20.

Berdasarkan informasi yang dimuat di situs resmi Bank Indonesia, ada tiga jenis pertemuan negara G20. Untuk penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...