Curug Cipamingkis: Rekomendasi Wisata Alam Akhir Tahun di Bogor

Mengenal Curug Cipamingkis yang bisa menjadi rekomendasi wisata pada saat masa liburan akhir tahun tiba baik bersama kawan, pasangan, hingga keluarga.
Image title
17 Desember 2021, 09:57
Salah satu spot foto terbaik di Curug Cipamingkis
Instagram : Curug Cipamingkis
Salah satu spot foto terbaik di Curug Cipamingkis

Kekayaan wisata flora dan fauna di Indonesia amatlah beragam, setiap daerah selalu memiliki kekhasan masing-masing yang dapat dinikmati oleh semua orang. Salah satu wisata yang cukup populer dan kerap menjadi pilihan untuk destinasi wisata adalah curug atau wisata air terjun.

Salah satu curug yang bisa menjadi pilihan adalah Curug Cipamingkis. Curug ini berada di wilayah tropis, yang dikelilingi gunung, serta memiliki curah hujan yang tinggi, seakan menjadi rumah besar bagi keberadaan air terjun atau curug.

Akses untuk menuju Curug Cipamingkis juga tergolong mudah. Lokasinya berada di samping jalan utama. Tepatnya berada di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Rute menuju Curug Cipamingkis bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga sampai ke lokasi parkiran utamanya. Jaraknya dari kawasan wisata Puncak Bogor hanya berselang satu jam 30 menit.

Advertisement

Suasana dan kondisi untuk menuju Curug Cipamingkis sudah bagus dan mendukung bagi wisatawan. Lokasi objek wisatanya berada di samping jalan utama sangat memudahkan bagi pengujung yang belum pernah ke Curug Cipamingkis.

Saat tiba di area parkir, Anda bisa berleha-leha sejenak. Karena di dekat area parkiran, suasananya sangat nyaman, tenang, teduh, banyak spot selfie, atau memasang tenda dulu di area yang ditentukan, selain itu ada pula berderet villa, atau penginapan yang disediakan untuk para pengunjung.

Setelah menikmati suasana rehat di kawasan parkir yang menyegarkan, Anda bisa melanjutkan perjalanan yang cukup mudah untuk dilalui. Karena jarak lokasi utama Curug Cipamingkis dari area parkiran tidak terlalu jauh. Hanya saja, jalan menuju lokasi utama akan terus menanjak.

Nantinya dalam proses perjalanan untuk menuju Curug Cipamingkis yang pertama akan melalui jalur yang terbuat dari susunan bebatuan. Selanjutnya para pengunjung akan menaiki tangga yang sudah terbuat dari corcoran yang terbuat dari kombinasi semen dan batu.

Sesampainya di lokasi wisata, Anda tetap diharuskan berhati-hati. Terutama bagi mereka yang membawa keluarga dan anak-anak tidak boleh lepas dari pengawasan. Selain saat perjalanan menuju lokasi utama Curug Cipamingkis. Karena di beberapa titik belum terdapat pagar pembatas keamanan.

Informasi Harga Tiket Masuk Curug Cipamingkis 

Saat akan masuk Curug Cipamingkis ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya harga tiket.

1. Harga tiket masuk Curug Cipamingkis 2021 Rp35.000/weekday (hari biasa).
2. Tiket masuk Curug Cipamingkis Rp40.000/weekend (akhir pekan atau hari libur)
3. Harga tiket masuk Curug Cipamingkis untuk wisatawan asing Rp50.000/per orang.
4. Parkir motor Rp5.000/unit.
5. Parkir mobil Rp10.000/unit.

Jam bukanya juga cukup fleksibel Anda bisa datang kapan pun setiap hari dalam kurun waktu 24 jam. Tentunya jam buka tersebut melihat situasi saat masa pembatasan jumlah kunjungan, jika situasi pandemi berlanjut.

Fasilitas Layanan di Curug Cipamingkis

Banyaknya wisatawan baik lokal ataupun mancanegara membuat pihak Curug Cipamingkis mulai berbenah membangun fasilitas. Antara lain yang dipersiapkan:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Villa, atau penginapan,
  • Kolam renang,
  • Spot selfie,
  • Penjual makanan, dan minuman.
  • Bumi perkemahan.

Fasilitas penginapan juga tergolong ekonomis hanya Rp350.000 – Rp3.500.000 per malam. Tergantung jenis villa, atau penginapan yang dipilih oleh para pengunjung. Ada juga opsi untuk menginap dengan cara melakukan aktivitas camping di area yang sudah ditentukan. Pihak pengelola juga menyiapkan fasilitas penyewaan tenda.

Selisih harga yang ditawarkan juga cukup bersaing dari harga tiket untuk berkemah saat weekday sebesar Rp60.000 per orang. Adapun harga tiket kemah saat weekend Rp65.000 per orang. Tentunya dengan melihat kondisi fisik dari tenda yang ditawarkan.

Demikianlah beragam khazanah wisata dari Curug Cipamingkis yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, kawan atau pasangan. Apabila berkunjung ke tempat ini tetaplah menjaga kelestarian dengan tidak merusak alam dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait