11 Tempat Wisata Pangalengan yang Menarik untuk Liburan Keluarga

Image title
23 November 2021, 16:09
Taman Langit, salah satu wisata Pangalengan
instagram/reki_sbgja
Taman Langit, salah satu wisata Pangalengan

Pangalengan terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Daerah tujuan pariwisata ini menyajikan keindahan alam yang memesona. Letaknya yang dekat dengan pegunungan membuat Pangalengan berhawa sejuk.

Rimbunnya pepohonan dan hamparan perkebunan merupakan daya tarik utama wisata Pangalengan. Banyak penginapan dan perkemahan tersedia bagi pengunjung yang tertarik. Saat berkunjung, jangan lewatkan tempat wisata Pangalengan berikut ini.

1. Taman Langit Pangalengan

Alamat: Kp. Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Taman Langit Pangalengan adalah destinasi wisata alam yang menampilkan pemandangan indah dari ketinggian. Dari tempat wisata ini, pengunjung dapat menikmati lanskap pegunungan dengan perbukitan hijau yang memanjakan mata.

Waktu populer untuk mengunjungi tempat ini adalah saat matahari terbit dan terbenam. Hamparan pepohonan hijau menghiasi kaki langit sehingga cocok dijadikan objek foto. Terkadang kabut turun sehingga menambah suasana syahdu yang menenangkan.

Sekeliling tempat dilengkapi dek kayu tinggi sebagai sarana berjalan. Pengunjung dapat berkeliling sambil berfoto dan menikmati suasana alam di sini. Wisata Pangalengan ini juga menawarkan area khusus untuk kemah.

Fasilitas berkemah meliputi kamar mandi, mushola, dan kantin yang buka 24 jam. Bermalam dalam tenda dengan pemandangan menakjubkan dapat menjadi aktivitas andalan untuk melepas lelah.

2. Shinta Corner Ranch and Resort

Alamat: Jl. Raya Sukamenak No.21, Pangalengan, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Shinta Corner Ranch and Resort adalah penginapan dengan nuansa alam yang menenangkan. Bangunan tempat wisata ini cukup unik karena berbentuk kabin dari bahan kayu dengan eksterior yang menarik. Ada beberapa jenis kamar yang dapat dipesan dengan kapasitas berbeda.

Wisata ini juga memiliki kandang kuda di mana para kuda dibiarkan bebas berkeliaran. Pengunjung dapat menunggang kuda ditemani pemandu. Menginap di Shinta Corner Ranch and Resort dapat menjadi liburan yang menyenangkan.

3. Sunrise Point Cukul

Alamat: Jl. Cukul, Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat

Seperti namanya, Sunrise Point Cukul menyajikan keindahan matahari terbenam dari ketinggian. Hijaunya hamparan kebun teh berpadu dengan perbukitan sekitar membuat suasana terasa tentram. Suhu udara yang sejuk juga menambah kenyamanan saat berkunjung ke wisata Pangalengan ini.

Ada beberapa spot foto di tempat wisata ini. Hiasan berbentuk hati dan dekorasi sayap dapat dijadikan latar foto yang menarik. Pengunjung juga dapat berkeliling di perkebunan teh. Karena letaknya cukup tinggi, pengunjung harus hati-hati saat naik ke dek observasi.

Harga tiket masuk Sunrise Point Cukul adalah Rp10.000 dan tarif parkirnya seharga Rp15.000 untuk mobil.

4. Nuansa Riung gunung

Alamat: Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Nuansa Riung Gunung adalah wisata Pangalengan yang sedang populer. Banyak orang yang mengunggah keindahannya di media sosial. Tempat ini terletak di antara perkebunan teh. Pihak pengelola membangun dek tinggi dari kayu sehingga pengunjung dapat berkeliling dan berfoto.

Beberapa area dapat digunakan untuk berkemah. Menikmati malam di antara hamparan kebun teh dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan. Di dekat lokasi juga terdapat sungai kecil dengan air yang jernih. Beberapa aktivitas seru lain yang dapat dilakukan meliputi paintball, flying fox, offroad, dan rafting.

Biaya untuk masuk wisata Nuansa Riung Gunung meliputi tiket masuk seharga Rp10.000 dan tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

5. Wayang Windu Panenjoan

Alamat:Banjarsari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Wayang Windu Panenjoan terletak di ketinggian 1.800 mdpl sehingga suhu udaranya sejuk dan nyaman. Wisata Pangalengan ini berupa perkebunan teh yang luas dan hijau. Suasananya menyenangkan dan indah.

Pengunjung yang hendak datang harus menyiapkan kendaraan agar tetap optimal, karena rute menuju tempat ini cukup sulit dengan jalan berbatu yang menanjak. Saat hujan datang, daerah Wayang Windu Panenjoan menjadi berkabut sehingga pengunjung harus waspada.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...